//

ANALISIS STABILITAS LERENG DINDING BRONJONG KOMBINASI CERUCUK BETON PADA LONGSORAN JALAN BIREUEN-TAKENGON KM 85 MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERDA FEBRIAN R - Personal Name

Abstrak/Catatan

Badan jalan di Desa Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah mengalami longsor pada tanggal 21 Januari 2019. Hal ini menyebabkan hubungan transportasi darat Bireuen-Takengon putus total. Solusi yang tepat dan optimal sangat diperlukan dalam penanganan longsor tersebut. Oleh karena itu stabilitas lereng pada lokasi tersebut perlu dianalisis untuk memperoleh nilai faktor keamanan yang memenuhi persyaratan dan diberikan solusi penanganannya. Analisis stabilitas lereng dilakukan menggunakan Program Plaxis 2D versi 8.6. Besarnya nilai faktor keamanan yang diharuskan untuk lereng adalah FK > 1,25 untuk kondisi eksisting dan FK ≥ 1,5 untuk lereng dengan perkuatan. Analisis kestabilan lereng dilakukan pada kondisi eksisting dan kondisi lereng setelah dilakukan perkuatan menggunakan bronjong dikombinasikan dengan cerucuk beton (mini pile). Dimensi perletakan bronjong yang direncanakan sesuai dengan satuan P x L x T adalah 2m x 1m x 0,5m dan 1m x 2m x 0,5m sedangkan panjang rencana cerucuk beton adalah 2,5 meter berada pada kaki bronjong. Kemiringan sudut lereng rencana adalah sudut 45o, 60o, 70o dan 90o. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Program Plaxis 8.6, didapatkan angka keamanan kondisi eksisiting lereng pada ruas jalan lintas Bireuen-Takengon adalah FK = 1,11. Nilai faktor keamanan pada kondisi setelah perkuatan secara keseluruhan mencapai angka keamanan yang diizinkan untuk penanganan, kecuali pada lereng dengan kemiringan 90˚ yang tidak memenuhi syarat aman yang diizinkan yaitu FK ≤ 1,5. Angka keamanan yang paling baik didapat pada kondisi kemiringan lereng 45o dengan perkuatan dinding bronjong 1m x 2m x 0,5m dengan kombinasi cerucuk beton (mini pile) menghasilkan FK = 2,58. Hasil analisis diharapkan dapat berguna untuk memberikan informasi mengenai bentuk longsoran yang terjadi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait untuk penanganan longsor di lokasi tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN DINDING PENAHAN KANTILEVER PADA LONGSORAN JALAN BIREUEN – TAKENGON KM 92 (ARIF GUSMAN, 2021)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN DINDING BLOK BETON SEGMENTAL DIPERKUAT GEOGRID PADA LONGSORAN JALAN MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 2D VERSI 8.6 (STUDI KASUS RUAS JALAN PROVINSI MEULABOH-GEUMPANG KM 84) (Rahmatal Ambiya, 2019)

ANALISIS KESTABILAN LERENG MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN DENGAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) DAN SLOPE MASS RATING (SMR) DI JALAN RAYA BANDA ACEH-MEULABOH KM 20 DAN KM 27 KEC.LEUPUNG, ACEH BESAR (NAUFAL EFFENDI, 2019)

ANALISIS FAKTOR KEAMANAN DAN PENANGANAN LERENG PADA RUAS JALAN BLANG KEUJEREN - PEURELAK KABUPATEN GAYO LUWES MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (T M HASAN BASRI, 2017)

KAJIAN STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEULABOH MENGGUNAKAN PROGRAM GEO 5 DAN PENANGGULANGANNYA (Fadhliansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy