//

ANALISIS PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH PENGENDARA SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN KRUENG RAYA-BATAS KOTA BANDA ACEH DAN RUAS JALAN BANDA ACEH-MEULABOH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FARAH FADILLAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Pelanggaran yang diakibatkan oleh pengemudi kendaraan di jalan raya merupakan salah satu faktor timbulnya kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut terliht dari meningkatnya angka kecelakaan, khususnya kecelakaan yang diakibatkan pengendara sepeda motor. Menurut Kepolisian Republik Indonesia tahun 2016 dan 2018, angka kecelakaan lalu lintas akibat sepeda motor adalah yang tertinggi dibandingkan jenis kendaraan yang lain. Banyaknya kasus pelanggaran dan ketidakdisiplinan pengendara inilah yang harus menjadi acuan agar keselamatan dalam berkendara yang aman dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara volume lalu lintas, kecepatan sepeda motor dan pelanggaran lalu lintas terhadap besarnya angka kecelakaan serta untuk mengetahui perbedaan pelanggaran yang signifikan pada pengendara sepeda motor antara dua ruas jalan yaitu Jalan Krueng Raya-Batas Kota Banda Aceh dan Jalan Banda Aceh-Meulaboh. Penelitian dilakukan dengan metode observasi pada objek penelitian yaitu volume kendaraan, kecepatan sepeda motor, dan pelanggaran pengendara sepeda motor. Penelitian ini menggunakan dua surveyor pada masing-masing ruas jalan dengan menggunakan instrumen berupa formulir survei dan alat rekam. Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus chi-square dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penyajian data menggunakan distribusi frekuensi untuk mendapatkan persentase dan uji statitik chi-square untuk mendapatkan nilai hipotesis. Hasil penelitian didapatkan bahwa Jalan Krueng Raya-Batas Kota Banda Aceh sebagai jalan dengan angka kecelakaan tinggi memiliki volume lalu lintas rendah, kecepatan sepeda motor tinggi, dan pelanggaran pengendara sepeda motor tinggi sedangkan Jalan Banda Aceh-Meulaboh sebagai jalan dengan angka kecelakaan rendah memiliki volume lalu lintas tinggi, kecepatan sepeda motor yang rendah, dan pelanggaran pengendara sepeda motor rendah. Nilai yang didapat pada pengujian chi-square untuk kedua jalan bahwa nilai Xhitung>chi-square tabel, sehingga hipotesis H a yang diterima yaitu ada perbedaan pelanggaran pengendara sepeda motor pada jalan yang memiliki angka kecelakaan tinggi dan angka kecelakaan rendah. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Pelanggaran Pengendara Sepeda Motor, Observasi, Uji Chi-Square, Rumus Chi-Square

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH PENGENDARA SEPEDA MOTOR PADA JALAN BANDA ACEH-MEDAN DAN JALAN BANDA ACEH-MEULABOH (ZAFARA QURATUL AYUNI, 2019)

PERSEPSI PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP KESADARAN DALAM BERKENDARA PADA JALAN LAKSAMANA MALAHAYATI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (TASYA KUMALA, 2019)

STUDI ULANG NILAI EKIVALEN MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JL. TGK. DAUD BEUREUEH KOTA BANDA ACEH (Muhammad Al-Barry, 2014)

PEMETAAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN VIDEO IMAGE DAN GOEGRAPHIC INFOERMATION SYSTEM (GIS) DI RUAS JALAN BANDA ACEH-KRUENG RAYA STA 0+000 S/D STA 13+700 (Yelfi Agusria, 2019)

KAJIAN PERILAKU PENGENDARA DAN FAKTOR-FAKTOR DOMINAN YANG BERPENGARUH TERHADAP RISIKO KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DI KOTA BANDA ACEH (ALVISYAHRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy