//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEOSCRIBE DENGAN MEDIA ANIMASI PADA POKOK BAHASAN SIKLUS AIR KELAS X SMA NEGERI 1 MUARA TIGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL AMELIA RIZKI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizki, Nurul Amelia. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Geografi Siswa Menggunakan Media Videoscribe Dengan Media Animasi Pada Pokok Bahasan Siklus Air Kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Novia Zalmita, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : perbandingan, media, videoscribe, animasi, hasil belajar, geografi. Penggunaan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran menjadi pilihan sangat tepat dan akurat, dikarenakan sangat membantu memberikan pemahaman kepada siswa. Media yang dimaksud adalah media videoscribe dengan media animasi. Kedua media tersebut mempunyai karakteristik yang sama apabila digunakan pada kegiatan pembelajaran dengan pokok bahasan siklus air. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar geografi siswa yang menggunakan media videoscribe lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan media animasi pada pokok bahasan siklus air kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga?. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan hasil belajar geografi siswa menggunakan media videoscribe dengan media animasi pada pokok bahasan siklus air kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga. Hipotesisnya adalah hasil belajar geografi siswa yang menggunakan media videoscribe lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan media animasi pada pokok bahasan siklus air kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan mengambil populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yakni diambil kelas X IPS-1 yang berjumlah 24 siswa dan kelas X IPS-2 yang berjumlah 23 siswa. Data dikumpulkan melalui pemberian tes kepada siswa yakni pre-test dan post-test, kemudian diolah menggunakan uji-t. Pada pengolahan data tersebut diperoleh thitung = 3,59 dan ttabel = 1,68 dengan taraf signifikan 5% dan dk= 45. Artinya thitung > ttabel sehingga H0 ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geografi siswa menggunakan media videoscribe lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan media animasi pada pokok bahasan siklus air kelas X SMA Negeri 1 Muara Tiga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH (Rismayana Putri, 2021)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN PERAIRAN LAUT YANG MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLERNEARTH DENGAN PETA KONVENSIONAL SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (HUSNA DIAH, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI 3D DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG RNPADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X MAN RNKUTA BARO ACEH BESAR (Dena Rosnanda, 2015)

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI KOLOID UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (Putra Purnama, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LIMBAH DAN JENIS LIMBAH DI KELAS II PEMASARAN 2 SMK NEGERI I LANGSA (Muslimah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy