Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH
Pengarang
KHARINA AREEISTY - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706203010037
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kharina Areeisty Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Mindmap Terhadap Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri Banda Aceh.
Pembimbing I Dr. Dr. Hasanuddin, M.Si. Pembimbing II. Prof. Dr. M.Ali S., M.Si.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret sampai Bulan April 2019. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan quantitatif, jenis penelitian evaluasi, metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan design pre-tes post-tes group design factorial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 253 peserta didik yang berasal dari SMAN 5 Banda Aceh dan SMAN 7
Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah angket, soal essay merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan dan tes objektif multiple choise untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji non parametrik yaitu uji mann whitney tes pada taraf signifikan
0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p < ().yaitu 0,00 < 0,05. Kesimpulan
penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri Banda Aceh dan terdapat hubungan antara model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap dengan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Problem Based Learning Berbasis Mindmap, Motivasi, Kemampuan
Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMRNACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIPADU PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (NURUL MAWADDAH, 2022)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (Khairun Nisa, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (WIRDATUL WAHIDA, 2018)
PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019)
PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN WHOLE BRAIN TEACHING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (YURI ALVIRA, 2021)