PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH


Pengarang

KHARINA AREEISTY - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203010037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)








Kharina Areeisty Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Mindmap Terhadap Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri Banda Aceh.


Pembimbing I Dr. Dr. Hasanuddin, M.Si. Pembimbing II. Prof. Dr. M.Ali S., M.Si.



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret sampai Bulan April 2019. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan quantitatif, jenis penelitian evaluasi, metode yang digunakan quasi eksperimen, dengan design pre-tes post-tes group design factorial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 253 peserta didik yang berasal dari SMAN 5 Banda Aceh dan SMAN 7
Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah angket, soal essay merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan dan tes objektif multiple choise untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji non parametrik yaitu uji mann whitney tes pada taraf signifikan
0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p < ().yaitu 0,00 < 0,05. Kesimpulan
penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap terhadap motivasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri Banda Aceh dan terdapat hubungan antara model pembelajaran problem based learning dipadu mindmap dengan motivasi dan hasil belajar peserta didik.




Kata Kunci: Problem Based Learning Berbasis Mindmap, Motivasi, Kemampuan
Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Siswa

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK