PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR


Pengarang

Misbahul Julia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101040077

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Julia, Misbahul 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kula. Pembimbing:

(1) Drs. Amsal Amri, M.Pd. (2) Drs. Abdul Wahab Abdi. M,Si.

Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, cooperative script, artikulasi, geografi

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar: ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dari model pembelajaran Artikulasi berbantuan media gambar pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mata pelajaran Geografi IPS dengan model pembelajaran Cooperative Script dengan hasil belajar yang di ajarkan dengan model Artikulasi berbantuan media gambar pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS yang berjumlah 74 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua kelas yakni kelas XI-IPS 1 sebanyak 23 siswa dan kelas XI-IPS 2 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 1,082 > ttabel = 2,020 pada taraf signifikansi 0,05 (uji satu pihak yaitu pihak kanan) dengan derajat kebebasan (dk= 23+20-2 = 41) sehingga Ha ditolak. Simpulan yang dapat diambil bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah, jadi kedua model pembelajaran tersebut efektif diterapkan dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK