//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Misbahul Julia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Julia, Misbahul 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kula. Pembimbing: (1) Drs. Amsal Amri, M.Pd. (2) Drs. Abdul Wahab Abdi. M,Si. Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, cooperative script, artikulasi, geografi Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar: ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih baik dari model pembelajaran Artikulasi berbantuan media gambar pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mata pelajaran Geografi IPS dengan model pembelajaran Cooperative Script dengan hasil belajar yang di ajarkan dengan model Artikulasi berbantuan media gambar pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri1 Darul Imarah Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS yang berjumlah 74 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, diambil hanya dua kelas yakni kelas XI-IPS 1 sebanyak 23 siswa dan kelas XI-IPS 2 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 1,082 > ttabel = 2,020 pada taraf signifikansi 0,05 (uji satu pihak yaitu pihak kanan) dengan derajat kebebasan (dk= 23+20-2 = 41) sehingga Ha ditolak. Simpulan yang dapat diambil bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script sama dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah, jadi kedua model pembelajaran tersebut efektif diterapkan dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTSN 3 PIDIE KECAMATAN KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (ULLY DAIYANA, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X-IS DI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH (Amelia Farahzilka, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL ‘ULUM BANDA ACEH (ROSMANIDAR, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy