//

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK OLEH GURU BERSERTIFIKASI DI SD NEGERI 1 BEBESEN KAB. ACEH TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyuni Irsyad - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Irsyad, Wahyuni. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Oleh Guru Bersertifikasi di SD Negeri 1 Bebesen Kab. Aceh Tengah tahun ajaran 2017/2018.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Nurhaida, M. Pd (2) Drs. Fauzi, M. Pd Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Guru Bersertifikasi Dalam proses pembelajaran, Pendekatan saintifik pada pembelajaran siswa di terapkan untuk membantu dan memudahkan siswa dalam menguasai dan memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimanakah implementasi pendekatan saintifik oleh guru bersertifikasi di SD Negeri 1 Bebesen Kab.Aceh Tengah Tahun Ajaran 2017/2018, dan Adakah kendala-kendala yang dihadapi guru bersertifikasi dalam mengimplementasi pendekatan saintifik di SD Negeri 1 Bebesen Kab. Aceh Tengah Tahun Ajaran 2017/2018?.Secara khusus penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik oleh guru bersertifikasi di SD Negeri 1 Bebesen Kab.Aceh Tengah Tahun Ajaran 2017/2018 dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru bersertifikasi dalam mengimplementasi pendekatan saintifik di SD Negeri 1 Bebesen Kab. Aceh Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif.Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang guru yang sudah bersertifikasi.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru bersertifikasi sudah melakukan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan guru bersertifikasi dalam proses pembelajaran terdiri atas kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Langkah-langkah yang diterapkan oleh guru bersertifikasi sesuai dengan pendekatan saintifik. Guru bersertifikasi mengalami kendala dalam implementasi pendekatan saintifik yaitu dalam perencanan pembelajaran, guru kesulitan mengembangkan langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan instrumen penilaian, pada pelaksanaan pembelajaran yaitu guru kurang melakukan variasi dalam kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, keterbatasan waktu yang ada serta kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN GURU GEOGRAFI SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (UMI SARAH HARAHAP, 2020)

KESIAPAN GURU KELAS TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 14 BANDA ACEHKECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (SUCI NAZIRAH, 2017)

STUDI KOMPARATIF TENTANG NILAI KOGNITIF SAINS SISWA YANG DIAJARKAN OLEH GURU YANG BERSERTIFIKASI DENGAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKASI DI SMPN 8 BANDA ACEH TAHUN 2013 (Alrizal, 2013)

PENDAPATAN DAN PENGELUARAN PETANI KOPI DI DESA DALING KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH (fitria mayani, 2013)

ANALISIS KEBIJAKAN PERENCANAAN KEBUTUHAN GURU SMA DI ACEH TENGAH (Fauzan Isma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy