//

KETIMPANGAN PENDAPATAN PROVINSI DI INDONESIA: ANALISIS DATA PANEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAUDHATIL WIRDA. Z - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Ketimpangan Pendapatan Provinsi di Indonesia: Analisis Data Panel Nama : Raudhatil Wirda. Z NIM :1501101010032 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Fakhruddin, S.E., M.S.E Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketimpangan pendapatan di Indonesia pada level provinsi. Variabel yang digunakan adalah indeks gini, inflasi, persentase jumlah penduduk miskin, dan pertumbuhan ekonomi. Model yang digunakan adalah panel regresi dengan data semester sepanjang periode 2012-2018. Hasil estimasi memperlihatkan bahwa inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan, kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan, sedangkan pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan Indonesia. Pemerintah sebaiknya menggunakan inflasi dan program pengentasan kemiskinan sebagai instrumen pengurangan ketimpangan pendapatan di Indonesia. Kata kunci: ketimpangan pendapatan, inflasi, kemiskinan, pertumbuhan ekonomi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN, MODAL MANUSIA DAN AKUMULASI INVESTASI SWASTA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA (Isthafan Najmi, 2019)

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI WILAYAH SUMATERA (MAULIZAR SARI, 2020)

ANALISIS PERBEDAAN KETIMPANGAN PENDAPATAN PROVINSI ACEH DAN PROVINSI SUMATERA UTARA (Suriansyah, 2021)

ANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN WILAYAH PROVINSI ACEH DAN PAPUA (Rescia Vhonna, 2021)

ANALISIS KESENJANGAN GENDER DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA (Maria Ulfa, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy