//

KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIMPANG PEUT RNKEC. KUALA KAB. NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Agusniar - Personal Name
SubjectTEACHERS AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA SD NEGERI 1 SIMPANG PEUT KEC. KUALA KAB. NAGAN RAYA Oleh : EKA AGUSNIAR Nim : 1109200050015 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M.Pd 2. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd ABSTRAK Guru profesional adalah guru yang memiliki kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran serta memiliki tanggungjawab yang tinggi dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya. Indikator dari berhasil tidaknya seorang guru dalam mengaplikasikan kemampuan profesionalnya dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan profesional guru bidang studi PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada SD Negeri 1 simpang Peut Kec. Kuala Kab. Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bidang studi PAI, kepala sekolah, wakil bidang kurikulum dan ketua kelompok kerja guru (KKG). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan analisis deskriptif secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar guru bidang studi PAI SD Negeri 1 Simpang Peut Kec. Kuala Kab. Nagan Raya masih terdapat beberapa kelemahan dalam merencanakan program pembelajaran, hal ini tergambar dari dokumentasi yang diperlihatkan guru bidang studi PAI berupa rencana program pengajaran yang berisi tentang tujuan pembelajaran, pengorganisasian materi, penggunaan media, skenario kegiatan, dan prosedur penilaian; (2) Secara umum guru bidang studi PAI SD Negeri 1 Simpang Peut Kec. Kuala Kab. Nagan Raya telah memiliki kemampuan yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran, hal ini terlihat dari kegiatan guru bidang studi PAI dalam hal pengelolaan ruang, fasilitas belajar, pelaksanaan PBM, dan interaksi di kelas, Namun demikian pemahaman guru bidang studi PAI terhadap penggunaan media pembelajaran masih sangat terbatas; dan (3) Sebagian guru pada guru bidang studi PAI SD Negeri 1 Simpang Peut Kec. Kuala Kab. Nagan Raya juga telah memiliki kemampuan yang baik dalam hal pengevaluasian pembelajaran, hal ini terlihat dari bentuk tes yang dilakukan guru bidang studi PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Kemampuan profesional dan prestasi belajar siswa

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT SISWA SMP NEGERI 2 SIMPANG PEUT KECAMATAN KUALARNKABUPATEN NAGAN RAYA TERHADAP PERMAINANRNSEPAK BOLA TAHUN 2012 (Salihin, 2015)

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI SMP KELAS VII SEKABUPATEN NAGAN RAYA (RIKA NURLISMA HN, 2015)

HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Lismasari, 2014)

KEBIJAKAN DINAS PENDIDIKAN NAGAN RAYA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NAGAN RAYA (T. Andriansyah, 2021)

PEMAHAMAN GURU BIDANG STUDI TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH) (Novin Asril Lubis, S.Pd., 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy