//

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK EPIDIDIMIS TERHADAP KONSENTRASI TESTOSTERON DAN DIHYDROTESTOSTERONE (DHT) PADA TESTIS, KAPUT, KORPUS, KAUDA EPIDIDIMIS DAN DUKTUS DEFERENS KAMBING KACANG (CAPRA SP.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANDA YULIAN SYAH - Personal Name
SubjectGOATS - ANIMAL HUSBANDRY
REPRODUCTION - ANIMALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

RINGKASAN NANDA YULIAN SYAH. Efek Pemberian Ekstrak Epididimis Terhadap Konsentrasi Testosteron dan Dihydrotestosterone (DHT) pada Testis, Kaput, Korpus, Kauda Epididimis dan Duktus Deferens Kambing Kacang (Capra Sp.). MUSLIM AKMAL dan SRI WAHYUNI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Ekstrak Epididimis (EE) terhadap konsentrasi testosteron dan dihydrotestosteron (DHT) pada kambing kacang jantan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dan lapangan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dan dianalis dengan analisys of varian (ANOVA). Sampel penelitian menggunakan kambing kacang jantan usia 1.5 tahun dengan berat badan 14-16 kg. K0 merupakan kontrol, diinjeksi dengan 1ml cairan fisiologis saline, sementara kelompok perlakuan K1, K2, K3, dan K4 masing-masing diinjeksikan EE dengan dosis 1, 2, 3, dan 4 ml/ekor kambing selama 13 hari. Pada hari ke 14 testis, epididimis (kaput, korpus, kauda) dan duktus deferens di koleksi dengan metode kastrasi terbuka untuk selanjutkan dilakukan pemeriksaan konsentrasi testosteron dan DHT dengan teknik enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Data dianalisis menggunakan ANOVA dilanjutkan dengan uji Tukey’s HSD dalam SPSS 16.0 Windows. Hasil menunjukkan secara statistik bahwa pemberian EE hanya meningkatkan konsentrasi testosteron pada testis sangat signifikan (p0.05) pada testis, seluruh bagian epididimis, dan duktus deferens. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa EE berpotensi untuk memperbaiki spermatogenesis dan kualitas sperma melalui peningkatan testosteron pada kambing kacang jantan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI DUKTUS EPIDIDIMIS SAPI ACEH (FELINSIA MELVAN SEKARHAYU, 2018)

MORFOLOGI DAN MORFOMETRI SPERMATOZOA SERTA KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON DARI EPIDIDIMIS SAPI ACEH (Rizky Maulana, 2016)

IMUNOLOKALISASI RESEPTOR ANDROGEN PADA DUKTUS EPIDIDIMIS SAPI ACEH (Sri Pujiyanti, 2021)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DUKTUS EPIDIDIMIS TERHADAP PENINGKATAN BOBOT BADAN, BOBOT TESTIS, DAN BOBOT DUKTUS EPIDIDIMIS SERTA KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING LOKAL (joharsah, 2015)

ISOLASI TRICOPHYTON SP PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA KAMBING KACANG (CAPRA AEGAGRUS HIRCUS) (Dinda Aulia Putri, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy