KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Khairul Rizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103060013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: kesulitan siswa pada materi Aljabar
Materi Operasi Aljabar merupakan salah satu materi yang tergolong sulit dipahami oleh siswa. Kesulitan tersebut meliputi kesulitan prinsip,konsep dan verbal. Oleh karenanya perlu adanya suatu analisis terhadap kesulitan tersebut, sehingga diketahui penyebab kesulitannya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi Operasi aljabar; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi Operasi Aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Banda Aceh yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan yang diteliti dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa mengalami kesulitan menggunakan konsep 56%; (2) kesulitan menggunakan prinsip 100%; (3) kesulitan menggunakan verbal 100%. Adapun jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes adalah: (a) siswa tidak dapat menentukan suku-suku sejenis dari bentuk Aljabar; (b) siswa tidak dapat menentukan hasil penjumlahan bentuk Aljabar; (c) siswa tidak dapat menentukan KPK dan FPB dari bentuk aljabar; (d) siswa tidak dapat menerjemahkan soal bentuk cerita kedalam bentuk matematika .












Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK