HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DEMOKRASI DENGAN TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DEMOKRASI DENGAN TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA


Pengarang

Rahmad Hidayat - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101010060

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK




Kata kunci: Hubungan, Pengetahuan Demokrasi, Partisipasi Politik
Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain. Partisipasi politik adalah kegiatan seseorang untuk ikut secara aktif dalam kehidupan politik, yaitu dengan jalan memilih pimpinan negara dan secara langsung mempengaruhi kebijakan pemerintah (Publik Policy), kegiatan ini mencakup seperti memberikan suara dalam pemilihan umum, menghadiri rapat umum, menjadi anggota suatu partai atau kelompok kepentingan mengadakan hubungan (contacting) dengan pejabat pemerintah atau anggota parlemen dan sebagainya. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan demokrasi dengan tingkat partisipasi politik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Kelautan dan Perikanan. Sampel dalam penelitian ini adalah 67 orang dan dilakukan secara acak / random dengan mengambil setiap mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pengetahuan demokrasi (x) terhadap partisipasi politik (y). Koefisien korelasi (rxy) adalah 0.554. jika diklasifikasikan ke dalam kriteria nilai koefisien korelasi dengan interval koefisien 0,554 maka tingkat hubungan korelasi dikategorikan cukup. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan demokrasi dengan pasrtisipasi politik. Harga t hitung = 6,618 dengan taraf signifikan nyata a = 0,05 dan dk = n – 1 = 67 – 2 = 65. Berdasarkan perhitungan di atas diperoleh ? = 0,05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh t hitung = 1,671 dan t tabel = 6,618. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK