//

KEMAMPUAN SISWI KELAS VII SMP NEGERI 3 MUTIARA KABUPATEN PIDIE MENULIS CERPEN BERDASARKAN GAMBAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurbaiti - Personal Name
SubjectWRITING SKILLS - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mutiara Kabupaten Pidie Menulis Cerpen Berdasarkan Gambar”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mutiara Kabupaten Pidie menulis cerpen berdasarkan gambar, dan (2) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mutiara Kabupaten Pidie dalam penggunaan alur, penggambaran tokoh dan penokohan, pendeskripsian latar, penggunaan gaya bahasa, dan kesesuaian tema dengan isi cerpen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mutiara. Jumlah populasi tersebut adalah 114 orang siswa. Mengingat jumlah populasi yang relatif banyak maka penulis menggunakan sistem sampel. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Tehnik analisis data pada penelitian ini berupa data yang dikumpulkan diolah dengan mentabulasi kedalam daftar frekuensi. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes masing-masing aspek yaitu hasil tes berdasarkan aspek penggunaan alur dengan nilai rata-rata 61,87. Hasil tes berdasarkan aspek penggambaran tokoh atau penokohan dengan nilai rata-rata 65.62. Hasil tes berdasarkan aspek pendeskripsian latar dengan nilai rata-rata 60.62. Hasil tes berdasarkan aspek penggunaan sudut pandang dengan nilai rata-rata 59,37. Hasil tes berdasarkan aspek penggunaan gaya bahasa dengan nilai rata-rata 69,25, dan hasil tes berdasarkan aspek kesesuaian tema dengan isi cerpen dengan nilai rata-rata 65,12. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen berdasarkan gambar masih kurang. Hal ini berarti bahwa pengajaran menulis cerpen berdasarkan gambar pada SMP Negeri 3 Mutiara belum memperoleh hasil yang memuaskan. Dengan demikian pengajaran pada SMP tersebut masih terdapat Kendal-kendala atau hambatan-hambatan sehingga hasilnya belum memperoleh hasil sebagaimana yang diharapkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI (Mona Raisa Hanum, 2016)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (Nasir. S, 2013)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)

KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MUTIARA (NURUL AIDA FITRI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy