//

PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN TERORISME DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI GENERASI MILLENIAL TENTANG RADIKALISME AGAMA (STUDI PADA IKATAN PELAJAR MAHASISWA RIAU (IPMR) ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syofi Mai Dhima - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mei 2018 menjadi bulan yang menggemparkan Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu satu minggu terjadi aksi pengeboman di beberapa tempat di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini menjadi topik utama pemberitaan oleh berbagai media termasuk televisi salah satunya, yang kemudian menimbulkan berbagai persepsi dikalangan pemirsa yang menonton pemberitaan tersebut. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan pemberitaan terorisme di televisi terhadap persepsi generasi millenial tentang radikalisme agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan respondennya adalah mahasiswa aktif Universitas Syiah Kuala yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR) Aceh. Jumlah sampel sebanyak 73 orang yang dipilih menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Setelah dilakukan pengujian diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dari terpaan pemberitaan terorisme di televisi terhadap persepsi generasi millenial tentang radikalisme agama sebesar 13%, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Pengaruh positif yang ditunjukkan oleh semakin sering dan semakin lama durasi responden menonton tayangan pemberitaan mengenai terorisme di televisi akan meningkatkan persepsi generasi millenial tentang radikalisme agama. Kata Kunci : pemberitaan terorisme, persepsi, radikalisme agama

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TERPAAN IKLAN KETUA UMUM PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA UNSYIAH DAN UIN AR-RANIRY MENGENAI PSI (YULIA NOVIARSA, 2020)

PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN ALIRAN SESAT DI HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN DAYAH (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU – KOTA BANDA ACEH) (Ahmad Febi Rozaki, 2017)

PERAN DAYAH DALAM MENANGKAL RADIKALISME (STUDI KASUS PADA DAYAH DARURRAHMAH KOTA FAJAR KABUPATEN ACEH SELATAN) (ISFUL RIZA YUANDA, 2021)

PENGARUH MENONTON PEMBERITAAN KECELAKAAN PESAWAT AIR ASIA QZ 8501 DI TELEVISI TERHADAP PERSEPSI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UDARA DI KOTA BANDA ACEH (Bella Rizky Lestari, 2016)

SISTEM PEMBERITAAN VISI LOKAL ACEH TV BANDA ACEH (Fiandy Mauliansyah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy