//

EFEK ANTIFUNGAL EKSTRAK BUNGA CENGKEH (SYZYGIUM AROMATICUM) DENGAN METODE SOXHLETASI TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Savana Ersa - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Savana Ersa Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Efek Antifungal Ekstrak Bunga Cengkeh (Syzygium aromaticum) dengan Metode Soxhletasi Terhadap Pertumbuhan Candida albicans. Candida albicans merupakan agen utama penyebab kandidiasis rongga mulut. Terapi kandidiasis rongga mulut dapat dilakukan dengan memberikan antijamur sintetis akan tetapi penggunaan obat ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa efek samping yang tidak diinginkan seperti mual dan muntah. Cengkeh merupakan tanaman herbal yang dapat menjadi alternatif terapi kandidiasis karena kandungan minyak atsiri dan tanin yang terkandung di dalamnya. Penelitian yang bersifat eksperimental laboratoris ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji efek antifungal ekstrak bunga cengkeh dengan metode soxhletasi terhadap pertumbuhan C. albicans. Pada penelitian ini digunakan metode difusi cakram. Hasil analisis ANAVA menunjukkan bahwa ekstrak bunga cengkeh berpengaruh terhadap pertumbuhan C. albicans dan dari hasil uji Duncan menunjukkan bahwa secara umum ada perbedaan konsentrasi kecuali konsentrasi 50 % dan 60 % karena distribusi inokulum yang tidak merata pada media SDA. Konsentrasi hambat minimum terjadi pada konsentrasi 10 % yaitu 19,6 mm. Adanya daya hambat ini terjadi karena kandungan kimia dalam cengkeh dapat tersari lebih banyak dengan metode soxhletasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, ekstrak bunga cengkeh yang diekstraksi dengan metode soxhletasi lebih kuat menghambat pertumbuhan C. albicans. Kata Kunci : Cengkeh, Syzygium aromaticum, difusi cakram, soxhletasi, Candida albicans, Konsentrasi Hambat Minimum (KHM).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN RESPON HAMBATAN EKSTRAK LENGKUAS RIMPANG PUTIH (ALPINIA GALANGA) 10% DENGAN EKSTRAK LENGKUAS RIMPANG MERAH (ALPINIA PURPURATA) 10% TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (Cut Cahya Risa, 2015)

PENGARUH EKSTRAK BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SEBAGAI PENYEBAB KANDIDIASIS RONGGA MULUT SECARA IN VITRO (FITRI YUNITA SARI, 2015)

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (Zulfa Rusiwan, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL EKSTRAK KULIT PISANG BARANGAN (MUSA PARADISIACA L.) TERHADAP CANDIDA ALBICANS (Kartika Sari, 2015)

UJI KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM INFUSUM BUNGA CENGKEH (SYZYGIUM AROMATICUM) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS (Pocut Angelina Vonda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy