//

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LINGKUNGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA SMA DI KABUPATENPIDIE- ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT IRMADORA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
BIOLOGY - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas pembelajaran biologi berbasis lingkungan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) , dan hasil belajar siswa pada SMA di Kabupaten Pidie – Aceh. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitiannya quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kabupaten Pidie dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 99 siswa. Waktu penelitian selama tiga bulan sejak September – November 2018. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal sebanyak 40 butir untuk menilai hasil belajar siswa. Parameter yang diukur adalah tingkat motivasi dan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan pearson correlation untuk mengetahui tingkat hubungan motivasi belajar dengan aktivitas pembelajaran biologi berbasis lingkungan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar (X1) dengan aktivitas pembelajaran biologi berbasis lingkungan (X2) memiliki hubungan yang sangat kuat sebesar 0.804, motivasi belajar (X1) dengan hasil belajar (Y) memiliki hubungan yang kuat sebesar 0.601, dan aktivitas pembelajaran biologi berbasis lingkungan (X2) dengan hasil belajar (Y) memiliki hubungan pada level sedang sebesar 0.571. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang sangat kuat antara motivasi belajar dengan aktivitas pembelajaran biologi berbasis lingkungan sebesar 0.804. Motivasi belajar memiliki hubungan yang kuat dengan hasil belajar sebesar 0.601. Aktivitas pembelajaran biologi berbasis lingkungan memiliki hubungan pada level sedang dengan hasil belajar sebesar 0.571. Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Berbasis lingkungan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LINGKUNGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA SMA DI KABUPATENPIDIE- ACEH (CUT IRMADORA, 2019)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH IN TEACHING READING( A DESCRIPTIVE RESEARCH AT MAN MODEL BANDA ACEH ) (Julia Rizki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy