//

PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA (PERFORMANCE BASED BUDGETING) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ananta Yulia Romenda - Personal Name

Abstrak/Catatan

Anggaran berbasis kinerja bertujuan untuk menunjukkan keterkaitan antara pendanaan dengan kinerja yang akan dicapai, meningkatkan efesiensi dan transparansi dalam penganggaran, meningkatkan fleksibilitas dan akuntabilitas unit dalam melakksanakan tugas dan pengelolaan anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sistem penerapan anggaran berbasis kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem anggaran berbasis kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh (42) Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang merupakan penyelenggara kegiatan pemerintahan untuk mengelola keuangan daerah. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi (total sample). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem penerapan anggaran berbasis kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) telah sesuai dengan peraturan yang berlaku baik dari RPJMA yang mengacu pada RPJN hingga proses akhir terlahirnya DPA SKPA serta dengan Laporan Kinerja Pemerintah Aceh dan (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem anggaran berbasis kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah Aceh ada yang bersifat internal seperti keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang anggaran dan eksternal seperti reward dan punishment dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja para pegawainya. Simpulan: (1) Sistem penerapan anggaran berbasis kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) telah sesuai dengan peraturan yang berlaku (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem anggaran berbasis kinerja dalam pengelolaan keuangan daerah Aceh ada yang bersifat internal maupun eksternal. Kata Kunci: Penerapan Anggaran, Berbasis Kinerja, Pengelolaan Keuangan Daerah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA PEMERINTAH ACEH (AGUSTIA FERRIRA, 2019)

ANALISIS KINERJA KEUANGAN DILIHAT DARI VALUE FOR MONEY (STUDI PADA PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN ACEH TENGAH) (Bicherdi Machtra, 2013)

PENGARUH PEMAHAMAN PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN DISIPLIN PEGAWAI TERHADAP KINERJA APARATUR PENGELOLA KEUANGAN PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH (Juraida, 2017)

PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH) (Rahmah Maulana, 2017)

PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN, KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DAN KOMITMEN ORGANI SASI TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH ACEH (Gunawan Azmi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy