//

KORELASI ANTARA LAMANYA MENDERITA GAGAL GINJAL KRONIS DENGAN TERJADINYA DISFUNGSI EREKSI PADA PASIEN HEMODIALISA RUTIN DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Muhammad Iqbal - Personal Name
SubjectCHRONIC RENAL FAILURE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Latar belakang : Gagal ginjal kronik (GGK) memiliki prevalensi global yang tinggi dengan perkiraan prevalensi sebesar 10,6%. Sedangkan prevalensi global disfungsi ereksi (DE) adalah 18,4% pada pria berusia >20 tahun dan 33% berusia > 50 tahun. DE ditemukan pada 70% pasien GGK. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara lamanya menderita GGK dengan kejadian DE pada pasien yang menjalani hemodialisa. Metode : Studi cross-sectional yang dilakukan pada 1 Oktober 2018 hingga 18 Juni 2019 terhadap 60 pasien GGK yang menjalani hemodialisa. Dilakukan anamnesis dan pemeriksaan menggunakan kuesioner International Erectile Function Index (IIEF-5). Hasil : Dari 60 sampel, 42 pasien (70%) menderita DE. Durasi rata-rata GGK sehingga terjadi DE ringan, ringan-sedang dan sedang masing-masing adalah 10,94 ± 10,79, 24,20 ± 17,84 dan 38,40 ± 16,78 bulan. Analisa univariat menggunakan Spearman rank correlation menunjukkan adanya hubungan langsung antara durasi GGK dan DE (P = 0.00, R squared 0.814). Kesimpulan : bahwa terdapat hubungan yang kuat antara durasi GGK dengan DE pada pasien hemodialisis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA HEMODIALISIS TERHADAP KADAR TESTOSTERON PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DENGAN DISFUNGSI EREKSI (dr. Riyandi Pratama, 2017)

HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN PENERIMAAN NYERI KRONIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI HEMODIALISA (Meisyura Husna Putri, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FARAH ULLYA, 2016)

KORELASI ANTARA LAMANYA MENDERITA GAGAL GINJAL KRONIS DENGAN TERJADINYA DISFUNGSI EREKSI PADA PASIEN HEMODIALISA RUTIN DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (dr. Muhammad Iqbal, 2019)

STUDI KOMPARATIF TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANIRNTERAPI CONTINUOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD)RNDENGAN TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (SRIWAHYUNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy