//

MODIFIKASI DAN REKONSTRUKSI ALAT BANTU CAHAYA PADA BAGAN APUNG DENGAN MENGGUNAKAN LED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Oka Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian modifikasi dan rekonstruksi alat bantu cahaya pada bagan apung dengan menggunakan LED (Light Emitting Diodes), Banda Aceh dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019 yang bertempat di Lab Teknologi Penangkapan Ikan, Fak. Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan melakukan rekonstruksi alat bantu cahaya pada bagan apung dengan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diodes), dan untuk membuktikan lampu LED (Light Emitting Diodes) dapat digunakan sebagai alat bantu penangkapan ikan pada bagan apung. Penelitan ini dilakuakan dengan metode eksperimen, adapun lampu yang di uji lampu LED terdiri dari 8 watt, 14 watt, dan 24 watt yang menggunakan arus listrik dan LED 8 watt lainya menggunakan aki, dan Lampu Fluorescent 45 watt digunakan sebagai lampu pembanding dalam penelitian ini karena biasanya digunakan oleh nelayan Krueng Raya. Hasil dari penelitan ini telah berhasil merekonstruksik alat batu cahaya berbasis LED pada bagan apung dengan daya watt yang sama besar. Penerangan cahaya pada lampu fluorescent dan LED relatif tidak berbeda, ini menunjukkan bahwa kedua lampu memiliki kemampuan yang sama untuk menarik ikan. Namun, lampu LED terbukti lebih efektif dari pada lampu fluorescent. karena arah cahayanya lebih terkonsentrasi ke jaring dan terpusat ke satu arah. Kata kunci: Modifikasi, Rekonstruksi, Alat bantu cahaya, LED, Bagan Apung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN PADA BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG DAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (FACHRUROZI AMIR, 2017)

PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Najmi, 2020)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DITINJAU DARI TEKNIK PENGOPERASIAN DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR DAN LHOK KRUET, ACEH JAYA (Anggian Prawira, 2018)

OPTIMASI UNIT PENANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Mulana Ikramullah, 2018)

PENGARUH PENGATURAN JARAK LAMPU TERHADAP HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG, ACEH BESAR (Safri Ramadani, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy