//

FENOMENA PERANG TANDA PAGAR #2019GANTIPRESIDEN DAN #JOKOWI2PERIODE DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN KONTRUKTIVISME BERFIKIR PEMILIH PEMULA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Fenomena Perang Tanda Pagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode di Instagram dalam membangun kontruktivisme berfikir pemilih pemula”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena perang hastag pada saat pra pemilihan presiden 2019 yang terjadi di instagram dapat mempengaruhi serta membangun (kontruktivisme) berfikir pemilih pemula. Teori yang digunakan adalah Teori Ketergantungan media (Dependency Theory), dimana teori ini mengasumsikan semakin besar derajat ketergantungan seseorang terhadap suatu media maka pesan dari media tersebut akan semakin berpengaruh bagi orang tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara semi terstruktur. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposif sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa Fenomena perang Tagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode yang terjadi di Instagram ini memiliki dampak terhadap pembentukan pola fikir pemilih pemula. Efek yang dihasilkan melalui pesan-pesan yang disampaikan melalui perang tagar memberikan informasi tambahan seputar politik dalam negeri pra pemilihan presiden serta pandangan politik khususnya pada aspek pengenalan calon. Adapun hasil dari kontruktivisme yang dihasilkan melalui fenomena perang tagar ini adalah pemilih pemula semakin mantap dengan pilihannnya pada saat hari pemilihan. Kata Kunci: Perang tagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode, Instagram, Kontruktivisme berfikir, Pemilih pemula

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PILPRES 2019 DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI PENELITIAN DI KECAMATAN DEWANTARA) (NOVIYANTI, 2021)

ANALISIS VOTING BEHAVIOR DI KALANGAN PEMILIH PEMULA PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH 2017 (Syifa Uddin, 2018)

PERILAKU PEMILIH PEMULA TERHADAP PEMILIHAN ANGGOTA LEGISLATIF MUDA PADA PILEG 2014 DI ACEH (STUDI KASUS DAPIL ACEH 1 : BANDA ACEH, SABANG, ACEH BESAR) (Husniyana. Z, 2018)

SOSIALISASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH) (M Teguh Wibowo, 2017)

PENGARUH MONEY POLITIC TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PILKADA 2018 KABUPATEN ACEH SELATAN (STUDI KASUS KECAMATAN KLUET UTARA) (Murtadha Zaiton, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy