//

MODIFIKASI SENYAWA ANORGANIK DARI TULANG SAPI SEBAGAI KATALIS HETEROGEN UNTUK SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YOLA NADIA - Personal Name
SubjectCATALYSIS
BIODIESEL FUEL
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Katalis tulang sapi yang dimodifikasi dengan Zn telah berhasil dipreparasi dalam penelitian ini. Preparasi dilakukan melalui metode impregnasi dengan mmelakukan penambahan senyawa zink nitrat Zn(NO3)2 material anorganik dari tulang sapi Aceh yang telah dihaluskan (150 µm), dan dilanjutkan dengan proses kalsinasi pada suhu 550 C selama 12 jam, dengan variasi konsentrasi Zn2+ yaitu 2.5%, 5%, 10% dan 20% (b/b). Hasil karakterisasi dengan XRD and FTIR menunjukkan bahwa hidroksiapatit dan CaO merupakan komponen utama yang terbentuk, dan terlihat adanya kristal ZnO pada tulang sapi yang telah termodifikasi dengan Zink. Hasil analisis lanjut menggunakan SEM-EDS menunjukkan bahwa penambahan Zn2+ pada variasi 5% (b/b) menghasilkan distribusi dan morfologi yang lebih homogen, yang juga memiliki luas permukaan terbesar berdasarkan hasil analisis BET. Sedangkan pada penambahan kosentrasi zink yang lebih tinggi (20 %b/b) terlihat pembentukan aglomer sesama partikel katalis yang dihasilkan. Hasil uji aktivitas katalitik pada reaksi tranesterifikasi minyak makan telah menghasilkan senyawa metil ester, sebagai salah satu komponen utama senyawa biodiesel. Biodiesel yang dihasilkan memiliki bilangan asam dan massa jenis yang sesuai dengan ketetapan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan nilai viskositas masih di bawah ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI). Kata kunci: katalis heterogen, modifikasi tulang sapi, Zn(NO3)2, biodiesel

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI LIMBAH TULANG SAPI ACEH DAN UJI AKTIVITASNYA PADA SINTESIS BIODIESEL (Rara Mitaphonna, 2018)

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI LIMBAH CANGKANG TIRAM (CRASSOSTREA GIGAS) DAN SEKAM PADI SERTA UJI AKTIVITASNYA PADA SINTESIS BIODIESEL (M HIDAYATUL MUTTAQIN, 2020)

SINTESIS, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS KATALITIK CAO DARI CANGKANG KEONG EMAS (POMACEA SP) TERIMPREGNASI SILIKA DALAM PRODUKSI BIODIESEL (MUTIARA RAMADHANI, 2019)

MODIFIKASI SENYAWA ANORGANIK DARI TULANG SAPI SEBAGAI KATALIS HETEROGEN UNTUK SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA SAWIT (YOLA NADIA, 2019)

PEMANFAATAN CANGKANG BULU BABI (DIADEMA SETOSUM) SEBAGAI KATALIS HETEROGEN UNTUK SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA SAWIT (ZAHRATUL HAYATI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy