//

KEPEKAAN PASTEURELLA MULTOCIDAYANG DI ISOLASI DARI SAPI YANGRNBERASAL DARI KABUPATEN ACEH BARAT TERHADAPRNBEBERAPA ANTIBIOTIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erni Wulandari - Personal Name
SubjectCATTLE
ANTIBIOTICS
PASTEURELLA
ANIMAL DISEASES-VETERINARY MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan melihat kepekaan beberapa antibiotika terhadap Pasteurella multocida yang berasal dari sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Meulaboh, Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan 7 sampel berupa swab kerongkongan sapi yang kemudian diidentifikasi dan diisolasi. Dari hasil isolasi dan identifikasi diperoleh 3 sampel yang teridentifikasi Pasteurella multocida yang selanjutnya dilakukan uji kepekaan antibiotik. Dalam uji kepekaan, antibiotika yang digunakan adalah vancomisin, klindamisin, streptomisin, tetrasiklin, kloramfenikol, kanamisin dan gentamisin. Diameter zona hambat yang terbentuk kemudian diukur dengan satuan millimeter. Hasil menunjukkan bahwa seluruh antibiotika yang digunakan tidak peka terhadap pertumbuhan Pasteurella multocida kecuali kloramfenikol yang masuk dalam katagori intermediate.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI BAKTERI ENDOFIT BALAKACIDA (CHROMOLAENA ODORATA) ASAL BANDA ACEH DAN UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA TERHADAP BAKTERI PATOGEN PASTEURELLA MULTOCIDA DAN BACILLUS SUBTILIS (LUTHFIA AMANDA, 2021)

ISOLASI PASTEURELLA MULTOCIDA PADA KUDA DAN SENSITIVITASNYA TERHADAP ANTIBIOTIK (Ilham Deskarifal Fitrah, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK ETANOL DAUN BALAKACIDA (CHROMOLAENA ODORATA) DAN BAKTERI ENDOFIT BALAKACIDA ISOLAT BEB-4 DAN BEB-5 TERHADAP PASTEURELLA MULTOCIDA (MARTINI FEBRI DOLLY, 2021)

PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KESEJAHTERAAN HEWAN (ANIMAL WELFARE) PADA KUCING (Taufik Arrahman Siregar, 2018)

KONFIRMASI INFEKSI BABESIA BOVIS (BABESIOSIS) MENGGUNAKAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR) PADA SAPI YANG DIPOTONG DI RPH KOTA BANDA ACEH (, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy