//

SURVEI PENERAPAN DUA PRINSIP KESRAWAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGHASILAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHTARIHIL AHDA SITANGGANG - Personal Name

Abstrak/Catatan

SURVEI PENERAPAN DUA PRINSIP KESRAWAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGHASILAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN DI KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Kesejahteraan hewan (kesrawan) adalah suatu keadaan fisik dan psikologi hewan sebagai usaha untuk mengatasi lingkungannya. Terdapat lima prinsip kesejahteraan hewan yang harus diperhatikan oleh pemiliknya, yaitu; 1) Bebasdari rasa haus dan lapar; 2) Bebas dari rasa ketidaknyamanan/penyiksaan fisik; 3) Bebas dari rasa sakit, cedera dan penyakit; 4) Bebas untuk mengekspesikan perilaku alamiah; dan, 5) Bebas dari ketakutan dan rasa tertekan. Penelitian dalam bentuk survey ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penerapan 2 prinsip kesrawan yaitu, bebas dari rasa haus dan lapar serta bebas dari penyakit, berdasarkan tingkat pendidikan dan penghasilan pemilik hewan peliharaan di kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini dilakukan survei di 3 klinik hewan di kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Penilaian kesrawan yang dapat diamati berupa biaya yang dikeluarkan oleh pemilik hewan peliharaan untuk pemeliharaan, pemberian pakan dan pengontrolan kesehatan hewan peliharaan. Data yang diperoleh kemudian diolah secara analisis statistic menggunakan pendekatan chi-quadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh nyata terhadap pengeluaran biaya pakan hewan peliharaan (P0,05). Demikian juga tingkat penghasilan pemilik hewan peliharaan tidak ada pengaruh yang nyata terhadap pengluaran biaya pemeliharaan, pemeberian pakan dan pengontrolan kesehatan hewan peliharaan (P>0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan pemilik hewan berpengaruh terhadap pengeluaran biaya pakan bagi hewan peliharaan di Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Pemilik, kesejahteraan hewan, hewan peliharaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SURVEI PENGETAHUAN DAN SIKAP PEMILIK DALAM PENGENDALIAN REPRODUKSI KUCING PELIHARAAN (ANADIA FADHILLA, 2019)

SURVEI PREVALENSI EKTOPARASIT DAN PENERAPAN KESRAWAN PADA BURUNG MERPATI (COLUMBA LIVIA) YANG DI JUAL DI KOTA BANDA ACEH (USLY RISQI SEPTIANDI, 2020)

TINGKAT PENGETAHUAN PEMILIK KUCING TERHADAP KESEJAHTERAAN HEWAN DAN KETERKAITANNYA DENGAN KONDISI KESEHATAN SERTA MANAJEMEN PEMELIHARANNYA (Razi Satria, 2018)

PERANCANGAN RUMAH SAKIT HEWAN PENDIDIKAN DI BANDA ACEH (Azri Leili Agklia Lubis, 2020)

PENERAPAN HIGIENE DAN SANITASI PADA PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN TAHUN 2018 DI BEBERAPA GAMPONG DI KOTA BANDA ACEH (Imam Aulia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy