//

EFEKTIFITAS TEKNOLOGI INFORMASI (IT) SITUNG PADA PRAKTEK PELAKSANAAN PILKADA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yovandi Febriansyah Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam pemilihan lokal Aceh situng dipergunakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) pada perhitungan suara Pilkada serentak 2017 di Banda Aceh. Sebanyak 20 kabupaten atau kota di Aceh akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada februari 2017. Pemilihan kepala daerah ini juga dilakukan untuk tingkat Provinsi Aceh. Angka ini merupakan jumlah terbanyak pada pelaksanaan pilkada serentak kedua di Indonesia. dari 23 kabupaten kota yang ada, hanya tiga kabupaten yang tidak melaksanakan pilkada tahun 2017, yaitu Pidie Jaya, Subulussalam, dan Aceh Selatan. Aceh sudah dua kali menggelar pilkada serentak, yakni tahun 2006 dan 2012, ada banyak hal yang menjadi pelajaran dan menjadi inspirasi bagi Indonesia, di mana Aceh menjadi daerah pertama yang melaksanakan pilkada dengan membuka kesempatan bagi calon pasangan perseorangan atau independen tanpa dukungan partai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi situng yang terjadi pada perhitungan suara Pilkada Banda Aceh 2017. Adapun dalam penelitian ini menggunakan dua teori yaitu pemilihan umum dan teknologi informasi yang didalamnya akan menjelaskan efektifitas dan efisiensi komunikasi. . Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-dept interview) dan kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa efektifitas penggunaan aplikasi situng dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kota Banda dapat dilihat berdasarkan regulasi pelaksanaan aplikasi situng, baik itu dilihat dari pelaksanaan situng pindai, hingga masyarakat Kota Banda Aceh dalam menggunakan aplikasi tersebut. Penggunaan aplikasi situng atau penghitungan surat suara secara cepat juga dinilai oleh pengamat perpolitikan aceh sebagai sebuah inovasi dan model transparansi yang ditawarkan oleh lembaga KIP Kota Banda Aceh dalam memberikan keterbukaan dan akuntabilitas lembaga dalam upaya melaksanakan pemilukada yang jujur baik dan bijak. Maka dari itu, penggunaan aplikasi pindai situng dinilai aplikasi yang dapat menampilkan berbagai perolehan perhitungan surat suara yang didasari pada pelampiran form C1. Kata Kunci : Efektifitas, Situng, Pilkada

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS MARKETING POLITIK ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL PADA PILKADA 2017 DIKOTA BANDA ACEH (Dewi Mardalisa, 2019)

ANALISIS VOTING BEHAVIOR DI KALANGAN PEMILIH PEMULA PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH 2017 (Syifa Uddin, 2018)

KESIAPAN KIP ACEH DALAM PENYELENGGARAAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2017 (Hendra Wisma, 2017)

STRATEGI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Fanni Alfian, 2019)

PENGARUH POLITIK IDENTITAS ETNIS TIONGHOA TERHADAP KEMENANGAN AMINULLAH USMAN- ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA 2017 DI BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA ETNIS TIONGHOA DI KECAMATAN KUTA ALAM) (Armia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy