HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU MAKAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU MAKAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ACEH BESAR


Pengarang

RAHMUL IZZATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1512101010074

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Secara nasional masalah kegemukan pada anak umur 5 – 12 tahun masih tinggi. Anak usia sekolah dasar termasuk kelompok yang berisiko mengalami ketidakseimbangan gizi. Masalah gizi ini pada hakikatnya merupakan masalah perilaku. Dalam hal ini, pola asuh orang tua menjadi hal utama dalam perkembangan perilaku anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku makan pada anak usia sekolah di sekolah dasar Aceh Besar. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV – VI sekolah dasar Aceh Besar. Sampel sebanyak 50 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan metode sampling accidental. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku makan pada anak usia sekolah di sekolah dasar Aceh Besar (p-value = 0,001). Diharapkan kepada orang tua anak usia sekolah dasar untuk menerapkan nilai-nilai pola asuh demokratis dalam membimbing anak, mengkomunikasikan informasi-informasi gizi dan jajanan sehat kepada anak dengan cara yang baik, supaya anak dapat menerima dan mengerti tentang pemahaman yang diberikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK