//

PERSEPSI PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP KESADARAN DALAM BERKENDARA PADA JALAN LAKSAMANA MALAHAYATI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TASYA KUMALA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas Akhir Sarjana Persepsi Pengendara Sepeda Motor Terhadap Kesadaran Dalam Berkendara pada Jalan Laksamana Malahayati Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar Tasya Kumala 1504101010086 Program Studi Sarjana Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Keselamatan di jalan raya merupakan hal yang sangat penting diperhatikan saat berkendara. Namun perilaku sebagian besar pengendara yang masih buruk seperti melanggar peraturan lalu lintas tentunya dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Faktor dominan penyebab kecelakaan lalu lintas adalah manusia. Jalan Laksamana Malahayati merupakan jalan arteri primer dengan kelas jalan II-A. Jalan ini merupakan salah satu akses menuju Kabupaten Aceh Besar dari Kota Banda Aceh. Ruas jalan ini tercatat menduduki peringkat tertinggi terjadinya kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017 dengan jumlah kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 27 kasus kecelakaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengendara sepeda motor terhadap kesadaran dalam berkendara. Sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang berdasarkan pertimbangan responden. Responden yang dipilih adalah pengendara sepeda motor yang berdomisili di kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Pengolahan dan analisa data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), khususnya metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) yang dianalisis menggunakan software IBM AMOS. Dari hasil model CFA dalam menguji persepsi diperoleh hubungan RB (riding behavior) yang signifikan mempengaruhi KB (keselamatan berkendara) memiliki nilai t-value sebesar 2,125, KB (keselamatan berkendara) yang signifikan mempengaruhi KTAK (kesadaran terhadap kelengkapan atribut) memiliki nilai t-value sebesar 2,746 dan hubungan KTAK (kesadaran terhadap kelengkapan atribut) yang mempengaruhi KDB (kesadaran dalam berkendara) sebesar 3,216. Kata Kunci : SEM, Model CFA, Persepsi pengendara sepeda motor, Kesadaran dalam berkendara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP KESADARAN DALAM BERKENDARA PADA JALAN BANDA ACEH-MEDAN KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Risma Mauliana, 2019)

KAJIAN PERILAKU PELAJAR SMA/SMK TERHADAP KESELAMATAN BERKENDARA SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS: SMAN 1 INDRAPURI DAN SMKN 1 MESJID RAYA) (Shela Eltiana, 2020)

KAJIAN PERILAKU PELAJAR SMA/SMK TERHADAP KESELAMATAN BERKENDARA SEPEDA MOTOR DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS : SMAN 1 BANDA ACEH DAN SMKN 1 BANDA ACEH) (Sherly Riskayana, 2020)

KAJIAN PERILAKU PENGENDARA DAN FAKTOR-FAKTOR DOMINAN YANG BERPENGARUH TERHADAP RISIKO KECELAKAAN SEPEDA MOTOR DI KOTA BANDA ACEH (ALVISYAHRI, 2020)

ANALISIS PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH PENGENDARA SEPEDA MOTOR PADA JALAN BANDA ACEH-MEDAN DAN JALAN BANDA ACEH-MEULABOH (ZAFARA QURATUL AYUNI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy