//

GAMBARAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE IBU TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN TEUNOM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tia Rahayu - Personal Name
SubjectDIARRHEA
CHILD CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Diare merupakan penyakit menular dan masih menjadi penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian pada anak berusia kurang dari 5 tahun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya kasus diare salah satunya adalah personal hygiene ibu dan balita. Merawat dan menjaga pertumbuhan balita sering dilakukan oleh si ibu, sehingga perilaku personal hygiene yang buruk akan berdampak kepada masalah kesehatan pada anak.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku personal hygiene ibu terhadap kejadian diare pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Teunom. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Teunom. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling yang didasarkan pada kriteria inklusi dengan jumlah sampel sebanyak 38 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang terdiri dari 40 item pernyataan. Metode analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan personal hygiene ibu terhadap kejadian diare pada balita berada pada kategori baik yaitu 24 responden (63,%), sikap personal hygiene ibu berada pada kategori baik yaitu 21 responden (55,3%) dan tindakan personal hygiene ibu berada pada kategori baik yaitu 20 responden (52,6%). Direkomendasikan kepada perawat puskesmas agar dapat meningkatkan perannya sebagai edukator yaitu memberikan edukasi kepada keluarga khususnya ibu tentang pentingnya menjaga kebersihan diriagar dapat meminimalisir kejadian diare khususnya pada balita.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE IBU TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN TEUNOM (Tia Rahayu, 2019)

HUBUNGAN FAKTOR IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BAYI DAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (Hasanah Oktavia Eka Putri, 2019)

ANALISIS FAKTOR RISIKO TERHADAP KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Ummul Akla, 2015)

PENGALAMAN IBU MERAWAT BALITA DENGAN DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH STUDY FENOMENOLOGY (Masdiana, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN TERJADINYA DIARE PADA ANAK DI PUSKESMAS KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Adi Rinaldi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy