PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA-1 SMAN 1 PINTU RIME GAYO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA-1 SMAN 1 PINTU RIME GAYO


Pengarang

Edi Gunawan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103040008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian yang berjudul "Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA-1 SMAN 1 Pintu Rime Gayo". Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA-1 SMAN 1 Pintu Rime Gayo tahun 2018/2019 yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi aktivitas, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas, soal tes, dan lembar angket tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas pembelajaran peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan yaitu dari 72,15% pada pertemuan pertama menjadi 82,14% pada pertemuan kedua dan 78,56% pada pertemuan ketiga. Persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas secara klasikal adalah sebesar 85%, termasuk kategori sangat tinggi. Tanggapan peserta didik secara klasikal adalah sebesar 97,5%, termasuk kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, sehingga sebagian besar tuntas pada materi asam basa. Serta peserta didik juga memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap penerapan model discovery learning.
Kata Kunci: discovery learning, asam basa, hasil belajar

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK