//

PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM PASIR BERWARNA DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Harsila Taniara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harsila, Taniara. 2019. Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Media Bahan Alam Pasir Berwarna di TK IT Mon Kuta Banda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Siti Naila Fauzia, M.Pd Kata Kunci : Motorik Halus, Media Bahan Alam Pasir Berwarna, Anak Usia Dini Motorik halus anak merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan pada anak. Hasil observasi di Kelas A1 TK IT Mon Kuta Banda Aceh, terdapat anak dengan keterampilan motorik halus yang belum berkembang yaitu anak belum mampu mengkoordinasi mata dan tangan untuk melakukan gerakan rumit, melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan bentuk dengan berbagai media, mengontrol gerakan tangan menggunakan otot halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan kolase menggunakan media bahan alam pasir berwarna di TK IT Mon Kuta. Penelitian ini tergolong jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitiannya One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di Kelas A1 TK IT Mon Kuta Banda Aceh, berjumlah 9 orang anak terdiri atas 4 laki-laki dan 5 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak dapat berkembang sangat baik melalui kegiatan kolase menggunakan media bahan alam pasir berwarna. Hal tersebut berdasarkan hasil pretest, anak belum mampu mengkoordinasi mata dan tangan, melakukan gerakan manipulatif dan mengontrol gerakan tangan. Treatment pertemuan I, 3 orang anak mulai berkembang dalam kegiatan kolase, yaitu anak dapat mencolek, menaruh dan menaburkan pasir pada pola gambar dengan bantuan guru. Treatment pertemuan II, 4 orang anak mulai berkembang sesuai harapan yaitu anak dapat mencolek, manaruh dan menabur pasir pada pola gambar tanpa bantuan dari guru. Treatment pertemuan III, 7 orang anak berkembang sangat baik yaitu anak mandiri mencolek, manaruh dan menabur pasir dengan baik tanpa bantuan dari guru. Hasil akhir pada posttest, 7 orang anak berkembang sangat baik karena sudah mampu mengkoordinasi mata dan tangan, memanipulasi gerakan, dan mengontrol otot halus dengan baik. Berdasarkan data hasil penelitian melalui kegiatan kolase menggunakan media bahan alam pasir berwarna, anak mampu mengkoordinasi mata dan tangan, memanipulasi gerakan, dan mengontrol otot halus dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA SERBUK KAYU DI TK SATU ATAP TANJUNG SELAMAT KABUPATEN ACEH BESAR (Putri Handayani, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN BAHAN ALAM DI TK SATU ATAP SD BUNG SIMEK ACEH BESAR (Rosmawati, 2019)

PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DI TK IT-HAFIZUL ‘ILMI BAITUSSALAM ACEH BESAR (ROSNITA, 2020)

PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BERMAIN PASIR DI PAUD NURUL HIDAYAH GAMPONG LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HERVIANA, 2019)

PENGGUNAAN MEDIA BAHAN BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-FITRAH ACEH BESAR (Hidayatuna, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy