//

SINTESIS, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS KATALITIK CAO DARI CANGKANG KEONG EMAS (POMACEA SP) TERIMPREGNASI SILIKA DALAM PRODUKSI BIODIESEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIARA RAMADHANI - Personal Name
SubjectCHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang sintesis, karakterisasi dan uji aktivitas katalitik CaO dari cangkang keong emas (Pomacea sp) terimpregnasi silika dalam produksi biodiesel telah dilakukan. Limbah cangkang keong emas dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan katalis CaO yang ramah lingkungan dan hemat biaya untuk produksi biodiesel. Tujuan penambahan SiO2 yang berasal dari abu sekam padi adalah untuk meningkatkan kinerja katalis CaO. Sintesis katalis CaO-SiO2 dilakukan dengan metode impregnasi basah dengan variasi jumlah SiO2 yaitu 3%, 5%, 7% dan 10%. Katalis CaO-SiO2 yang disintesis dikarakterisasi dengan X-Ray Diffraction (XRD) dan Scanning Electron Microscope (SEM). Katalis CaO-SiO2 diuji aktivitasnya pada reaksi transesterfikasi minyak kelapa sawit dan minyak kelapa sawit bekas, Kemudian biodiesel ini dikarakterisasi dengan Gas Chromatography-Mass Spectrofotometer (GC-MS). Analisis biodiesel dengan GC-MS dalam penelitian ini menunjukan bahwa konversi minyak kelapa sawit dan minyak kelapa sawit bekas menjadi metil ester terbentuk secara optimum. Hasil penelitian ini menunjukkan produksi biodiesel menggunakan jumlah SiO2 yang rendah lebih efektif daripada jumlah SiO2 yang tinggi. Hal ini juga membuktikan bahwa katalis CaO-SiO2 yang berasal dari limbah dapat dikembangkan menjadi katalis baru yang dapat mengatasi masalah pembuangan limbah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI LIMBAH CANGKANG TIRAM (CRASSOSTREA GIGAS) DAN SEKAM PADI SERTA UJI AKTIVITASNYA PADA SINTESIS BIODIESEL (M HIDAYATUL MUTTAQIN, 2020)

PEMANFAATAN CANGKANG BULU BABI (DIADEMA SETOSUM) SEBAGAI KATALIS HETEROGEN UNTUK SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA SAWIT (ZAHRATUL HAYATI, 2019)

PREPARASI KATALIS HETEROGEN ANORGANIK DARI LIMBAH TULANG IKAN CAKALANG (KATSUWONUS PELAMIS) DAN UJI AKTIVITAS KATALITIKNYA PADA SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK KELAPA (Desi Novita, 2018)

ANALISIS HUBUNGAN KEKERABATAN POMACEA CANALICULATA L DENGAN POMACEA INSULARUM BERDASARKAN CIRI MORFOLOGI DAN KARAKTER EKOLOGI DI PERSAWAHAN KECAMATAN MAKMUR KABUPATEN BIREUEN (Muhammad Gunawan, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) SEBAGAI PAKAN ALTERNATIF TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KUWE (CARANX IGNOBILIS) (M. ZAIYANI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy