KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASAL SUMATERA BARAT DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (STUDI PADA PAGUYUBAN IKATAN PELAJAR MAHASISWA MINANG IPMM BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASAL SUMATERA BARAT DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (STUDI PADA PAGUYUBAN IKATAN PELAJAR MAHASISWA MINANG IPMM BANDA ACEH)


Pengarang

FADHIL AULIYA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1410102010076

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

303.482

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul “Keterbukaan diri dalam komunikasi antarbudaya mahasiswa asal Sumatera Barat yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Minang di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh”. Tujuannya untuk mendeskripsikan keterbukaan diri dalam komunikasi antarbudaya mahasiswa asal Sumatera Barat dengan mahasiswa asal Aceh di Universitas Syiah Kuala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterbukaan diri atau yang disebut self disclosure. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (indepth interview) dan observasi terhadap informan penelitian. Dalam pemilihan informan penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sedangkan untuk menganalisis data, menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Keterbukaan diri yang dilakukan mahasiswa asal Sumatera Barat melewati lima dimensi yaitu (1) Ukuran dan jumlah self disclosure; pengungkapan topik pribadi . (2) Valensi self disclosure; keterbukaan diri bersifat positif. (3) Kecermatan dan kejujuran; informasi yang disampaikan dicermati dan disampaikan apa adanya. (4) Tujuan dan maksud; mengontrol diri dalam menyampaikan informasi. (5) Keintiman atau Keakraban; informasi yang disampaikan pada tingkat privasi yang tinggi kepada teman yang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan keterbukaan diri.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK