PENGARUH ALAT PERAGA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI LAYUNG BEURAWANG BUBON ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH ALAT PERAGA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI LAYUNG BEURAWANG BUBON ACEH BARAT


Pengarang

HANISAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040048

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Hanisah. 2019. Pengaruh Alat Peraga Tangram terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri
Layung Beurawang Bubon Aceh Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah
Kuala, Pembimbing:
(1) Linda Vitoria, S. Si, M. Sc (2) Drs. M. Yamin, M. Ed
Kata Kunci: pengaruh, alat peraga, tangram
Penggunaan alat peraga dapat menjembatani konsep abstrak matematika melalui
benda konkret serta mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam
pembelajaran. Dengan mengkonkretkan materi yang abstrak dapat memberikan
kesempatan bagi peserta didik untuk membangun pemahamannya terhadap materi
yang diajarkan. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan adalah tangram.
Penggunaan tangram dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep
keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan alat peraga tangram terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri Layung Beurawang Bubon
Aceh Barat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen semu atau Pre-experimental Design
dengan model One-Shot Case Study. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi
adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Layung Beurawang Bubon Aceh Barat yang
terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal
berbentuk essay berjumlah 5 soal pada materi keliling dan luas bangun datar. Teknik
analisis data menggunakan statistik uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk =
n – 1 = 12 – 1 = 11 dengan , sehingga diperoleh ttabel
= 1,80 dan
t
hitung = 6,30. Karena , yaitu 6,30 ? 1,80, maka ditolak dan
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
penggunaan alat peraga tangram terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
Keliling dan Luas Bangun Datar di kelas IV SD Negeri Layung Beurawang Bubon
Aceh Barat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK