//

PERENCANAAN PRODUKSI MESIN POTONG KERUPUK KULIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ICHSAN - Personal Name
SubjectMACHINE ENGINEERING
CRACKERS CUTTING MACHINES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Pada dunia perindustrian, perencanaan produksi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk maupun jasa, perencanaan ini sangatlah dibutuhkan karena akan menghasilkan keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh apabila perencanaan tersebut dilakukan. Pada suatu pabrik misalnya, bentuk suatu produk kadang kala sedemikian rupa sehingga sulit untuk dikerjakan, atau kurang jelas metode kerjanya, sehingga dapat memperpanjang waktu penyelesaian pekerjaan dari yang sepantasnya. Untuk mengatasi hal ini, secara teknis mungkin bisa dibantu dengan tersediannya peralatan-peralatan kerja (teknologi) yang memadai, menata ulang fasilitas (relayout) pabrik untuk meminimalkan ongkos produksi, atau dengan melakukan perbaikan proses pengerjaan produksi sehingga dapat menghilangkan pemborosan waktu kerja. Mesin potong kerupuk kulit merupakan mesin yang berfungsi untuk memotong kulit secara kontinyu yang dapat membantu para pengusaha kecil dalam meningkatkan hasil produksi. Suatu perencanaan produksi mesin potong kerupuk kulit ini dicoba untuk mengambil batasan terhadap tata letak peralatan produksi yang digunakan, spesifikasi peralatan yang digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan waktu produksi yang efektif dan biaya produksi yang minimum. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk meminimalkan waktu produksi dan biaya produksi yang lebih murah dalam merencanaan produksi mesin potong kerupuk kulit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan tinjauan ke laboraturium desain dan manufaktur kemudian akan dibuat suatu sistem produksi baru dimulai dari penyusunan layout produksi pemilihan peralatan produksi dan perhitungan waktu dan biaya produksi. Dari hasil penelitian ini maka didapat suatu kesimpulan bahwa layout produksi yang ditetapkan untuk proses produksi mesin potong kerupuk kulit ini yaitu jenis layout proses. Berdasarkan hasil perhitungan maka didapat waktu produksi mesin potong kerupuk kulit selama 9 jam kerja dengan biaya produksi Rp.3.292. 248

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEUNTUNGAN KERUPUK KULIT (STUDI KASUS PADA "UD. RAHMAT SENTOSA" DI KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE) (Miftahul Jannah, 2021)

ANALISIS PERBANDINGANPENDAPATAN USAHA HOME INDUSTRY KERUPUK TEPUNG DAN EMPING MELINJO DI DESA PULO PISANG KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Muhammad Azrul , 2016)

PERENCANAAN SISTEM PRODUKSI MESIN PENGUPAS LAPISAN KULIT TEBU (zamzami, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN PENGRAJIN KERUPUK KULIT DI DESA SENTOSA KECAMATAN MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE (AZIZAH, 2013)

PENGUJIAN SISTEM PENGERINGAN KULIT SAPI MENGGUNAKAN WIND CUP TURBIN VENTILATOR DAN BAHAN BAKAR GAS PADA KONDISI MALAM (T.muammar Raffian, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy