//

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sumarniati Desky - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Desky, Sumarniati. 2019. Penggunaan Media Audio Visual pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurhaidah, M.Pd (2) Drs. Awaluddin, M.Pd Kata kunci : media audio visual, tema 8 subtema 3, hasil belajar peserta didik Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Audio Visual Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah aktivitas guru dalam proses belajar mengajar pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan dengan menggunakan media audio visual di kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh dan bagaimanakah aktivitas peserta didik dalam penggunaan media audio visual pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh serta apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam proses penggunaan media audio visual pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di kelas V SDN 26 Banda Aceh, dan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran degan menggunakan media audio visual pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di Kelas V SDN 26 Banda Aceh, serta Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan dengan menggunakan media audio visual di kelas V SDN 26 Banda Aceh. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 26 Banda Aceh yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Berdasarkan deskripsi data dalam penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada siklus I 3,3 pada kategori cukup, siklus II 3,8 pada kriteria baik, dan siklus III 4,5 pada kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I 3,2 pada kategori cukup, pada siklus II 3,7 pada kategori baik, dan pada siklus III 4,4 pada kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I ketuntasan klasikal 29,03, pada siklus II ketuntasan klasikal 58,06, dan pada siklus III ketuntasan klasikal 89,39. Maka dapat disimpulkan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (NURFITRIA, 2015)

PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)

“PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 16 BANDA ACEH.” (Novia Erlisa, 2015)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SDN 29 BANDA ACEH (Ayu Makfirah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy