PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT BIOLOGI TANAH DI RIZOSFER TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA REPTANS POIR) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    KARYA KERJA ILMIAH

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT BIOLOGI TANAH DI RIZOSFER TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA REPTANS POIR)


Pengarang

WANDA REZEKI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305108010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

631.43

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bahan pembenah tanah (soil amandement) adalah bahan-bahan alami yang dapat memperbaiki sifat-sifat tanah, sehingga dapat mendukung pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pembenah tanah terhadap sifat biologi pada rizosfer tanaman kangkung.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan 21 perlakuan dan tiga kali ulangan. Jenis pembenah tanah yang digunakan yaitu sekam padi, biochar sekam padi, kotoran sapi, NPK, KCl dan Urea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembenah tanah berpengaruh sangat nyata terhadap total mikroorganisme tanah dan respirasi tanah pada rizosfer tanaman kangkung. Perlakuan biochar sekam padi 2,5 t/ha + NPK 50 % rekomendasi memberikan pengaruh terbaik terhadap total mikroorganisme tanah. Sedangkan perlakuan kotoran sapi 5 t/ha memberikan pengaruh terbaik terhadap respirasi tanah. Pemberian pembenah tanah tidak berpengaruh nyata terhadap C-organik tanah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK