//

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurbaiti - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurbaiti, 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT di SD Negeri 26 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Mislinawati, S.Pd.I, M.Pd., (2) Drs. Bukhari, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, ICT Media pembelajaran adalah semua bentuk peralatan yang didesain secara terencana untuk menyampaikan informasi dan membangun interaksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media pembelajaran berbasis ICT di SD Negeri 26 Banda Aceh. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT di SD Negeri 26 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan observasi, Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 menggunakan media pembelajaran yang berbasis ICT. Guru kelas 1 dan kelas 6 media ICT yang digunakan yaitu slide, animasi, video dan film. Guru kelas 2 media ICT yang digunakan yaitu slide, video dan film. Guru kelas 3 media ICT yang digunakan yaitu slide, animasi dan video. Guru kelas 4 media ICT yang digunakan yaitu slide dan video. Guru kelas 5 media ICT yang digunakan yaitu slide, animasi, musik, video dan film. Terdapat 3 bentuk media yang digunakan oleh guru di SD Negeri 26 Banda Aceh yaitu: 1) media visual, 2) media audio dan 3) media audio visual. Penggunaan berbagai bentuk media tersebut diproyeksikan dengan bantuan alat TIK berupa laptop dan projektor, media pendukung lainnya yaitu speaker dan CD (Compact Disk). Ketersediaan akses internet disekolah memudahkan guru memanfaatkan internet sebagai sumber belajar tambahan. Simpulan penelitian ini adalah guru di SD Negeri 26 Banda Aceh telah menggunakan media pembelajaran yang berbasis ICT, namun penggunaan media pembelajaran di SD Negeri 26 Banda Aceh belum maksimal, meskipun ketersediaan sarana yang telah cukup memadai. Hal tersebut ditunjukkan masih ada guru yang masih lemah dalam penggunaan ICT sebagai media pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF MEDIA IN TEACHING ENGLISH (A SURVEY RESEARCH AT SMPN 19 BANDA ACEH) (Rahmati, 2017)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 1 BAITUSSALAM TAHUN AJARAN 2013/2014 (Nadya Muharramah, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI EKONOMI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (JUWITA ULFA, 2019)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA BERBASIS AUDIO PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 JEUMPA KABUPATEN BIREUEN (Mayang Setiemi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy