//

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII MTSN 1 BANDA ACEH MENULIS KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG SUDAH DIDENGAR DAN DIBACA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Ulfiyanti - Personal Name
SubjectWRITING SKILLS - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ulfiyanti, Rika. 2019. Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN 1 Banda Aceh Menulis Kembali Isi Teks Cerita Fantasi Yang Sudah Didengar dan Dibaca. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Indonesia, FakultasKeguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Yusri Yusuf., M.Pd. (2) Armia, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, MenulisKembali, Isi Teks Fantasi. Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VII MTsN 1 Banda Aceh Menulis Kembali Isi Teks Cerita Fantasi Yang Sudah Didengar dan Dibaca”. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII MTsN 1 Banda Aceh menulis kembali isi teks cerita fantasi yang sudah didengar dan dibaca. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 1 Banda Aceh tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 300 siswa dengan sampel 30 siswa. Sampel diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan pengolahan data digunakan teknik kuantitatif dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukan nilai rata-rata kemampuan yang diperoleh siswa kelas VII MTsN 1 Banda Aceh menilai tiap aspek. Adapun aspek-aspek yang dinilai pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) aspek siswa mampu menyesuaikan struktur cerita,(2) aspek siswa mampu menyesuaikan isi dengan cerita yang diceritakan, (3) aspek siswa mampu menyampaikan secara tepat unsur-unsur (judul, tokoh, alur) pada cerita, (4) aspek siswa mampu menyampaikan inti cerita fantasi, (5) aspek siswa mampu menyusaikan pada kelancaran cerita fantasi. Selanjutnya, pemerolehan tiap nilai rata-rata aspek siswa mampu menyesuaikan struktur cerita adalah 96,6 nilai rata-rata aspek siswa mampu menyesuaikan isi dengan cerita yang diceritakan adalah 83,32 nilai rata-rata aspek siswa mampu menyampaikan secara tepat unsur-unsur (judul, tokoh, alur) pada cerita fantasiadalah 71, nilai rata-rata aspek siswa mampu menyampaikan inti cerita fantasi adalah 75,3 dan nilai rata-rata aspek siswa mampu menyesuaikan pada kelancaran cerita fantasi adalah 78,6. Jadi, nilai yang diperoleh dari tiap aspek termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VII MTsN 1 Banda Aceh dapat dilihat dari keseluruhan aspek yaitu mendapat nilai adalah 81,3.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR MENULIS KEMBALI TEKS CERITA FABEL (Hasrijal, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDN DALAM GUGUS 3 KOTA SABANG MENULIS KEMBALI CERITA RAKYAT YANG DIBACA (MUSTIKA SARI, 2020)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIBACA (Arintha Fajrina Putri, 2020)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI (Ervania, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy