//

POLA MAKAN ANAK BALITA GIZI KURANG DI GAMPONG KOPELMA DAN GAMPONG IE MASEN KAYEE ADANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ADILA AIMAN DAMAYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Adila, Aiman, Damayanti, 2019. Pola Makan Anak Balita Gizi Kurang di Gampong Kopelma dan Gampong Ie Masen Kayee Adang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd., (2) Dra. Indani, M.Si. Kata Kunci: pola makan, anak balita, gizi kurang Pola makan anak balita merupakan sebuah indikator untuk mengetahui perilaku yang dilakukan oleh seorang ibu untuk memilih dan mengolah bahan makanan sesuai dengan kebutuhan anak balita.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola makan, (2) kecukupan gizi yang dikonsumi, (3) faktor penyebab terjadinya gizi kurang pada anak balita.Metode penelitiannya kuantitatif bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah anak balita gizi kurang yang berjumlah 26 orang. Sampel diambil berdasarkan tujuan (purposive sampling) yaitu Gampong Kopelma dan Ie Masen Kayee Adang, masing- masing anak balita di gampong tersebut berjumlah 14 orang. Analisis data mengenai pola makan menggunakan pedoman food recall 24 jam, sedangkan nilai gizi di analisis dari hasil perolehan food recall 24 jam. Hasil yang di dapat di bandingkan dengan AKG, faktor penyebab gizi kurang di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan di Gampong Kopelma dan Gampong Ie Masen Kayee Adang pada umumnya anak balita mengkonsumsi pola makan pagi, siang dan malam dengan pola 1 dan 2 (nasi dan lauk- pauk). Nilai gizi yang di konsumsi anak balita Gampong Kopelma yaitu protein 25,85 - 64,04 g, dan kalori 926,71 - 1.407,49 kal, sedangkan nilai gizi yang di konsumsi anak balita Gampong Ie Masen Kayee Adang yaitu protein 17,09 g - 84,18 g, dan kalori 705,34 - 1.503,62 kal. Faktor internal penyebab gizi kurang pada anak balita di Gampong Kopelma dan Gampong Ie Masen Kayee Adang adalah infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan alergi makanan. Faktor eksternal yaitu tingkat pendidikan, pengetahuan ibu tentang gizi, pendapatan keluarga, dan pola asuh. Simpulan penelitian dari kedua gampong adalah pola makan anak balita tidak mengikuti pola makan gizi seimbang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGAPAN PERANGKAT GAMPONG TERHADAP APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DI GAMPONG IE MASEN KAYEE ADANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (INDRIANI EKA PUTRI, 2019)

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB GIZI KURANG PADA ANAK BALITA DL DESA TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nahda Djakfar, 2021)

TINGKAT KEMAUAN DAN TINDAKAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PEMBERIAN KONSUMSI SAYUR UNTUK ANAK BALITA DI GAMPONG LAMGUGOB DAN GAMPONG JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Intan Kemala Sari, 2016)

MAKNA GERAK DAN SYAIR DIKEE GROEP DI GAMPONG KAYEE ADANG KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI MULIANA, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy