//

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL AKSARA MELALUI MEDIA HURUF AMPELAS DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HAIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Haira. 2019. Mengembangkan Kemampuan Anak Mengenal Aksara melalui Media Huruf Ampelas di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd. (2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed. Kata Kunci: Kemampuan Anak, Mengenal Aksara, Media Huruf Ampelas, Anak Usia Dini Kemampuan anak usia 5-6 tahun dalam lingkup aspek perkembangan bahasa seharusnya anak sudah berkembang keaksaraan awal yaitu mampu memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, membaca dan menulis nama sendiri. Kenyataan di lapangan anak usia 5-6 tahun kelompok B3 di TK IT Mon Kuta Kota Banda Aceh anak belum mampu mengucapkan bunyi huruf dan menulis bentuk huruf dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak mengenal aksara melalui penerapan media huruf ampelas di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 12 orang anak, terdiri atas tujuh laki-laki dan lima perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian yang diperoleh setelah dilakukan tindakan dalam dua siklus diperoleh cara untuk mengembangkan kemampuan anak mengenal aksara melalui penggunaan media huruf ampelas yaitu dengan melakukan permainan tebak huruf nama diri anak dan istilah-istilah pada tema Negaraku, bermain klasifikasi mengelompokkan huruf kapital dan huruf kecil, bermain sensori motor meraba media huruf ampelas, menyusun huruf menjadi kata nama diri anak dan istilah-istilah dalam tema Negaraku. Kemampuan anak mengenal aksara melalui penerapan media huruf ampelas di TK IT Mon Kuta Banda Aceh yaitu anak dapat menyusun huruf, menulis, membaca nama sendiri dan istilah-istilah dalam tema Negaraku. Disarankan agar guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam mengenalkan keaksaraan pada anak usia dini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN QUIET BOOK DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (HELEN ANGGIATUTI, 2020)

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF HIJAYYAH MELALUI PENERAPAN MEDIA SPOON PUPPET DI TPA DARUL FALAH GAMPONG PINEUNG BANDA ACEH (AYU RISKA AMALIA, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN POHON HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK BUNGONG SELEUPOEK (Rifkafil Ardilla, 2020)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI TK PERISKA TANI SAREE (Yuli Safriyani, 2018)

MENGEMBANGKAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI MEDIA BOLA HURUF DI TK TEUKU NYAK ARIEF KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINA ANDRIANA. FA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy