STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI GAMPONG MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI GAMPONG MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

ALGA FIRNANDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1505102010061

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.9

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sumber daya perikanan merupakan hal utama yang menjadi penopang kehidupan masyarakat nelayan belum peradoks kesejahteraan nelayan masih sangat tinggi terjadi saat ini. Terkait perencanaan dan pengembangan yang dilakukan dengan fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dimana strategi pemberdayaan ekonomi yang dilaksakan belum mampu meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam kaitannya dengan faktor internal dan eksternal yang tersedia menggunakan Model analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor IFE (2.40) dan EFE (2.42) yang berarti faktor internal dan eksternal masih sangat lemah. Hal tersebut menunjukkan bahwa belum optimalnya pemanfaatan kekuatan serta peluang yang tersedia dan belum bisa meminimalisir kelemahan serta ancaman yang tersedia. Hasil matriks swot menghasilkan didapatkan 9 strategi yang terbagi kedalam 4 alternatif strategi (SO, WO, ST, dan WT) yang lalu analasis QSPM menunjukkan bahwa prioritas pertama yaitu Strategi WO, dimana strategi tersebut merupakan prioritas utama yang harus diimplementasikan dalam peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan di desa meunasah keude. Dengan Adanya alternatif tersebut diharapkan pemerintah serta stackholder lainnya dapat menjadi pelopor sekaligus pengerak dalam mendukung nelayan meningkatkan kehidupan ekonominya sehingga dapat hidup secara mandiri dan berkembang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK