//

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA SERBUK KAYU DI TK SATU ATAP TANJUNG SELAMAT KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Handayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Handayani, Putri. 2019. Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Serbuk Kayu. Di TK Satu Atap Tanjung Selamat. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Taat Kurnita Y, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Motorik Halus , Media Serbuk Kayu. Motorik halus merupakan salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Masalah yang terjadi pada TK Satu Atap Tanjung Selamat Kabupaten Aceh Besar, tepatnya dalam proses pembelajaran masih terdapat 6 orang anak kesulitan melakukan aktivitas motorik halus ketika menulis, menempel, dan memegang pensil masih dengan cara menggenggam. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media serbuk kayu di TK Satu Atap Tanjung Selamat Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus, dalam setiap siklusnya dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas A yang berjumlah 6 orang anak, terdiri 4 laki-laki dan 2 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I pertemuan pertama terdapat 2 orang anak Belum Berkembang (BB), 3 orang anak Mulai Berkembang (MB), 1 orang anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pertemuan kedua 3 orang anak Mulai Berkembang, dan 3 orang anak Berkembang Sesuai Harapan. Siklus II pertemuan pertama 2 orang anak Mulai Berkembang (MB), 3 orang anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 1 orang anak Berkembang Sangat Baik (BSB), pertemuan kedua 2 orang anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 4 orang anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui kegiatan kolase dengan media serbuk kayu dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini di TK Satu Atap Tanjung Selamat Kabupaten Aceh Besar. Disarankan bagi guru agar keterampilan motorik halus anak dapat dikembangkan melalui kegiatan kolase dengan media serbuk kayu, dapat diterapkan pada proses pembelajaran di TK Satu Atap Tanjung Selamat Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK SATU ATAP SD NEGERI ULEE KAREUNG KABUPATEN ACEH BESAR (RUSMINI, 2020)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN BAHAN ALAM DI TK SATU ATAP SD BUNG SIMEK ACEH BESAR (Rosmawati, 2019)

PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM PASIR BERWARNA DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (Harsila Taniara, 2019)

PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DI TK IT-HAFIZUL ‘ILMI BAITUSSALAM ACEH BESAR (ROSNITA, 2020)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS DI PAUD BUNGONG TANJUNG KABUPATEN ACEH BESAR (FITRI YOSINA KHAIRUDDIN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy