//

KAJIAN HASIL TANGKAPAN SAMPINGAN (BYCATCH) ALAT TANGKAP JARING AMBAI DI KRUENG JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Handayani - Personal Name
SubjectFISHING - COMMERCIAL TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jaring ambai merupakan salah satu alat tangkap yang digunakan untuk menangkap udang yang merupakan target utama penangkapan. Selain udang, ada beberapa organisme lain yang menjadi hasil tangkapan sampingan yang tertangkap oleh jaring ini. Peningkatan jumlah hasil tangkapan sampingan telah menjadi salah satu penyebab penurunan stok ikan yang dapat mengancam keberlanjutan perikanan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan komposisi hasil tangkapan utama dan hasil tangkapan sampingan, mengetahui jenis hasil tangkapan sampingan yang berekonomis tinggi dan ekonomis rendah, serta melihat nilai laju tangkap jaring ambai. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan wawancara berdasarkan kuesioner serta mengikuti langsung kegiatan nelayan ketika mendaratkan hasil tangkapan. Analisis data menggunakan analisis laju tangkap. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil tangkapan utama lebih mendominansi yaitu sebanyak 75% dan hasil tangkapan sampingan sebanyak 28%. Terdapat 5 spesies yang menjadi tangkapan sampingan ekonomis tinggi dan 9 spesies yang menjadi hasil tangkapan sampingan ekonomis rendah. Sedangkan untuk nilai laju tangkap dari kedua hasil tangkapan yaitu 0,42 kg/jam untuk hasil tangkapan utama dan 0,16 kg/jam untuk hasil tangkapan sampingan. Kata Kunci : Jaring Ambai, Hasil Tangkapan Utama, Hasil Tangkapan Sampingan, Perbandingan, Laju Tangkap.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN HASIL TANGKAPAN JARING INSANG (GILL NET) YANG DIOPERASIKAN PADA SIANG DAN MALAM HARI DI PERAIRANA KRUENG RAYA, ACEH BESAR (ALDO RIDHO FAUZA C, 2018)

PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Najmi, 2020)

KARAKTERISTIK HASIL TANGKAPAN DAN TINGKAT KERAMAHAN LINGKUNGAN ALAT TANGKAP TRAMMEL NET DI PERAIRAN LANGSA (Arie Ramadhan, 2018)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN DAN TINGKAT KERAMAHAN LINGKUNGAN JARING INSANG DASAR DI PELABUHAN PERIKANAN DESA RIGAIH, KABUPATEN ACEH JAYA (Teuku Mohammad Fachri Nasiruddin, 2019)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN DAN LAJU TANGKAP ALAT TANGKAP PUKAT HELA MINI DI PERAIRAN KOTA LHOKSEUMAWE (ZUHDI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy