PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH


Pengarang

Reni Nurmalisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040001

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, sifat-sifat bangun ruang

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh dan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi, karena populasinya kurang dari 100. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes hasil belajar dan Lembar Observasi Kemampuan Guru (LOKG). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 dan kriteria pengujian hipotesis tolak H0 jika thitung ? ttabel dan terima H0 jika thitung berharga lain. Hasil pengolahan data di dapat thitung = 8,89 dan ttabel = 1,69. Berdasarkan kriteria pengujian menunjukkan thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar. Hasil analisis melalui LOKG didapat skor 4,643, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh termasuk ke dalam kategori sangat baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK