//

MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridiya Samita Putri - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri, Ridiya Samita. 2019. Motivasi Mahasiswa Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Zulfadhli, S.Pd, M.Pd, M.Si., (2) Dr. Ismail, S.Pd, M.Pd kata kunci: motivasi, faktor, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Mahasiswa sebagai agent of change dalam tolak ukur ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdaya saing tinggi harus mampu dalam mengembangkan serta dapat merealisasikan kreativitas yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Pengembangan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membuat proposal PKM. Muculnya ide bagi mahasiswa untuk mencari informasi serta membuat proposal PKM merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan kreativitas yang terdapat dalam diri mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor penyebab mahasiswa FKIP Unsyiah kurang termotivasi untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan (2) Upaya meningkatkan motivasi mahasiswa FKIP Unsyiah untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data nya adalah mahasiswa/i yang mewakili setiap jurusan/program studi FKIP Unsyiah. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara (interview), dokumentasi dan trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: Faktor penyebab mahasiswa kurang termotivasi untuk mengajukan proposal PKM adalah: (1) faktor instrinsik yang terdiri dari intelegensi 25%, perhatian 19%, minat 14%, motif 12%, kematangan 13% dan kelelahan 17%. (2) faktor ekstrinsik yaitu jadwal kuliah 20%, kurikulum 25%, relasi mahasiswa dengan mahasiswa 28% dan relasi mahasiswa dengan dosen 27%. Upaya yang dilakukan agar dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM adalah: Upaya yang dilakukan oleh Wakil Dekan III terdiri atas motivasi instrinsik yaitu faktor perhatian 37,5% dan motif 62,5%, motivasi ekstrinsik relasi dosen dengan mahasiswa 100%. Upaya yang dilakukan oleh Program Studi yaitu faktor instrinsik terdiri atas perhatian 22%, motif 37% dan kesiapan 41%. Faktor ekstrinsik terdiri dari kurikulum 27% dan relasi dosen dengan mahasiswa 73%. Upaya yang harapkan oleh mahasiswa yaitu motivasi instrinsik terdiri dari intelegensi 34% dan perhatian 66%. Motivasi ekstrinsik terdiri dari kurikulum 16%, relasi antar mahasiswa dengan mahasiswa 4% dan relasi antar dosen dengan mahasiswa 44%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGARUH TERHADAP IPK MAHASISWA BIDIKMISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SRI RASYIIDU TEBE, 2015)

PENGARUH MOTIVASI KARIER, MOTIVASI GELAR, PENGETAHUAN AKUNTANSI, BIAYA PENDIDIKAN, DAN LAMA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK) (STUDI PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Rini Mastura, 2016)

HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2016)

TINJAUAN MINAT DAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PERKULIAHAN DENGAN E-LEARNING PADA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NURHANIFAH, 2021)

PENGARUH MOTIVASI SOSIAL, MOTIVASI EKONOMI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, BIAYA PENDIDIKAN, DAN LAMA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK) (STUDI KASUS PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (T Haiqal Maulana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy