//

PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TERHADAP SIFAT BIOLOGI DAN KIMIA TANAH RHIZOSFER SERTA PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI PADA TANAH TERCEMAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang THESYA AYUNINGSIH - Personal Name
SubjectSOIL CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pencemaran tanah adalah keadaan masuknya bahan kimia buatan manusia dan merubah lingkungan tanah alami. Salah satu upaya untuk membersihkan tanah tercemar dengan penerapan strategi rehabilitasi lingkungan yaitu dengan menggunakan biochar. Biochar merupakan biomassa organik yang mengalami proses pirolisis dan dapat dibuat dengan cara yang sederhana serta dapat dikembangkan untuk mengatasi permasalahan lingkungan tercemar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar terhadap sifat biologi dan kimia tanah rhizosfer serta pertumbuhan tanaman kedelai pada tanah tercemar. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan. Faktor perlakuan adalah dosis biochar yaitu: 0 ton/ha, 10 ton/ha, 15 ton/ha, 20 ton/ha, dan 25 ton/ha. Pengamatan dilakukan terhadap sifat biologi dan kimia tanah serta pertumbuhan tanaman kedelai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biochar pada tanah tercemar berpengaruh nyata terhadap sifat biologi tanah yaitu mikroorganisme pelarut fosfat, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap total mikroorganisme dan respirasi tanah, disamping itu pemberian biochar berpengaruh nyata terhadap sifat kimia tanah yaitu C-organik, KTK dan Fe-terekstrak, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap pH dan P-tersedia. Pemberian biochar berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman kedelai yaitu pada diameter batang 60 HST dan berat brangkasan kering, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang 15, 30 dan 45 HST serta berat brangkasan basah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT BIOLOGI TANAH DI RIZOSFER TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA REPTANS POIR) (WANDA REZEKI, 2019)

APLIKASI BEBERAPA JENIS BIOCHAR TERHADAP JUMLAH NITRAT TANAH, MIKROORGANISME TANAH, SERAPAN HARA DAN PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI EDAMAME (GLYCINE MAX L. MERRIL) (SHINTYA MALIK, 2021)

PENGARUH PEMBERIAN KOTORAN KAMBING DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN, HASIL DAN KADAR HARA N, P, K KEDELAI PADA INCEPTISOL (Latifah Ningsih.S, 2021)

PENGARUH PEMBENAH TANAH DAN POLA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DAN KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA TANAH PODSOLIK (Ridha Arjuna, 2017)

PENGARUH RESIDU PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN KANDUNGAN PROTEIN PADA KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERR) (CUT RISNA GUSNITA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy