//

KESULITAN YANG DIHADAPI SISWA DALAMRNPEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 7RNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Hatta - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
SOCIAL SCIENCE - EDUCATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: kesulitan, dihadapi siswa, belajar Belajar merupakan kegiatan sadar dan terencana, ketika aktivitas itu berlagsung ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Pembelajaran yang dilaksanakan di sekoalah tidak selamanya berjalan seperti yang diharapkan tetapi mendapat beberapa kesulitan juga dan problema mengajar. Penelitian ini berjudul “Kesulitan yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 7 Banda Aceh” ini mengangkat masalah kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Dalam kaitan ini peneliti menetapkan siswa yang memiliki nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dalam kelas sebagai target yang ingin diteliti. Artinya jumlah populasi target dalam penelitian ini adalah 102 dari semua kelas. Adapun jumlah kelas di SMA Negeri 7 Banda Aceh adalah 19 kelas (terdiri dari kelas VII sebanyak 6 kelas, kelas VIII sebanyak 6 kelas, dan kelas IX sebanyak 7 kelas) dengan jumlah siswa semuanya 590 siswa. Penentuan sampel ditentukan secara random, dan yang terpilih sebagai sampel adalah 49 siswa dari total seluruh populasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan pengolahan data menggunakan rumus persentase sederhana disimpulkan dengan kriteria kesimpulan Hadi. Faktor utama timbulnya kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar disebabkan karena guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, dan banyaknya siswa yang ribut saat pembelajaran. Sebagian besar kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar disebabkan karena materi terlalu banyak bacaan yang harus dipelajari. Lebih dari setengah kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar karena penjelasan dari guru tentang materi pelajaran terlalu kaku, dan guru kurang menggunakan media pembelajaran. Penelitian mengenai kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 7 Banda Aceh dapat dilanjutkan oleh peneliti lain guna mengungkapkan hal-hal yang belum jelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJARRNSISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADURNDI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Lisnawati, 2015)

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING STYLE PREFERENCE IN READING COMPREHENSION (A COMPARATIVE STUDY BETWEEN NATURAL SCIENCE AND SOCIAL SCIENCE STUDENTS AT SMA NEGERI 8 BANDA ACEH) (Ridha Ayu Nuryasmin, 2018)

UPAYA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (Izzati Lathifah, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (Noni Anggraini, 2014)

TANGGAPAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP KOMPETENSI KOMUNIKASI DOSEN DALAM PROSES PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Al Muhajjir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy