//

DIAGNOSIS SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI ) DENGAN METODE MHCT DAN INDIRECT ELISA PADA KUDA DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Wulan Handayani L.Tobing - Personal Name
SubjectVETERINARY MEDICINE
DIAGNOSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

DIAGNOSIS SURRA (Trypanosoma evansi ) DENGAN METODE MHCT DAN INDIRECT ELISA PADA KUDA DI KABUPATEN ACEH TENGAH ABSTRAK Surra merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh Trypanosoma evansi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis surra pada kuda di Kabupaten Aceh Tengah dengan metode MHCT dan indirect ELISA. Keberadaan T. evansi diperiksa dengan metode MHCT di lokasi pengambilan sampel sedangkan deteksi antibodi anti-Trypanosoma dilaksanakan di Laboratorium Parasitologi dan Laboratorium Riset FKH Unsyiah. Dari 60 ekor kuda yang dipilih secara acak di Kecamatan Pegasing, Bebesen, Lut Tawar, Silih Nara dan Bintang Kabupaten Aceh Tengah tidak ditemukan T. evansi pada buffy coat yang diperiksa dengan metode MHCT, sedangkan pada metode indirect ELISA 56 sampel (93,3%) menunjukkan telah pernah terinfeksi T. evansi dengan sampel menunjukkan nilai Optical Density (OD450 nm) diatas nilai cut off value yaitu (OD450 nm > 0,149). Terdapat satu kontrol positif dengan nilai OD 0,117 dan dua kontrol negatif (C1- dan C2-) yang menunjukkan nilai OD masing-masing 0,087 dan 0,062. Dapat disimpulkan bahwa kuda di Kabupaten Aceh Tengah pernah terpapar oleh T. evansi. Kata kunci: T. evansi, MHCT, indirect ELISA, kuda, SURELISA Kit-Te, antibodi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DIAGNOSA SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI ) DENGAN METODE MODIFIKASI MHCT PADA DARAH KERBAU DI RPH BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (FIRDAUS, 2019)

PENGEMBANGAN METODE ELISA DIAGNOSA SURRA MENGGUNAKAN TRYPANOSOMA EVANSI ISOLAT ACEH (DWIVA MONIKA, 2020)

DIAGNOSA SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI) DENGAN METODE MODIFIKASI MHCT PADA DARAH SAPI DI RPH BANDA ACEH (Ditta Ayu Wulandari, 2018)

DIAGNOSIS SURRA (TRYPANOSOMA EVANSI) PADA SAPI YANG DIPOTONG DI RPH KOTA BANDA ACEH BERDASARKAN PEMERIKSAAN CATT/T. EVANSI (INAYATUL HARI, 2018)

KONFIRMASI TRYPANOSOMA EVANSI PADA SAPI YANG DIPOTONG DI RPH KOTA BANDA ACEH DENGAN METODE PCR (POLYMERASE CHAIN REACTION) (Dektesya Mahayu Kasih, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy