//

MODEL PEMBELAJARAN PADA MATERI BATIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatimah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
ECOSYSTEMS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

MODEL PEMBELAJARAN MATERI BATIK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA Fatimah(1), Fadhillah (2), Fikriah Noer (3) Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh Email: fatimah.timah02@gmail.com ABSTRAK Pendidikan sangat memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu negara dan bangsa, hal ini dapat tercapai bila tujuan pendidikan telah diterapkan. Salah satunya menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya satu-nya sekolah di aceh yang memproduksi batik Model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Masjid Raya sudah tergolong baik dan sudah menghasilkan produk batik yang layak dipasarkan pada tinggkat daerah , produk yang dihasilkan mampu untuk bersaing secara nasional maupun internasional. Ini dapat kita lihat dari karya siswa yang dipamerkan pada acara tertentu. Dari keberhasilan yang diperoleh oleh SMK Negeri 1 mesjid raya perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk dipublikasikan guna dijadikan pedoman bagi sekolah lain. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui model pembelajran materi batik yang tepat pada siswa XI SMK Negeri 1 Mesjid raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian dua guru dan siswa kelas XI. pengumpulan data dengan purposive sampling, pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang tepat yang digunakan pada materi batik adalah model pembelajaran inquiry (problem based learning), model pembelajaran ini sangat bagus untuk dipertahankan melihat hasil belajar siswa. Adapun saran dari peneliti yaitu diharapkan Penerapan model pembelajaran inquiry based learning di sekolah SMK Negeri 1 Masjid Raya Banda Aceh harus dipertahankan dan dapat dilakukan evaluasi secara kontinu untuk mendapatkan model pembelajaran yang lebih baik. Kata Kunci : model, pembelajaran, materi batik , SMK Negeri 1 Mesjid Raya

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy