PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI JARAK DAN KECEPATAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI JARAK DAN KECEPATAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Safrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040123

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata Kunci: pendekatan, pembelajaran kontekstual, jarak dan kecepatan

Penelitian ini berjudul ”Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Materi Jarak dan Kecepatan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh”. Penelitian ini mengangkat masalah apakah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi jarak dan kecepatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh melalui pendekatan kontekstual pada materi jarak dan kecepatan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian digolongkan dalam penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 orang siswa. Penulis mengambil siswa kelas VA sebagai sampel penelitian yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan pertimbangan karena sudah berkomunikasi dengan guru matematika di SD Negeri 2 Banda Aceh, serta kelas VB dan VC sudah pernah dilakukan penelitian sebelumnya oleh peneliti lain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu tes awal dan tes akhir. Tes awal bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal setiap siswa. Tes akhir bertujuan untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung. Teknik pengolahan data menggunakan statistik t-test yang dikemukakan oleh Arikunto. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa pada materi jarak dan kecepatan adalah 40,00. Setelah menggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi jarak dan kecepatan, terjadi peningkatan di mana nilai rata-rata post-test siswa menjadi 78,17. Harga ttabel = 2,04 sedangkan thitung = 8,03. Jadi thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan terjadi penerimaan terhadap Ha yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Banda Aceh melalui pendekatan kontekstual pada materi jarak dan kecepatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK