//

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP SELAI BUAH KAWISTA (FERONI ELEPAHNTUM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Nurhikmah - Personal Name
SubjectFOOD TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTR.u( Siti Nurhikmah, 2019. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Selai Buah Kawista (Feroni Elepahntum). Skripsi, Program Studt Pendidikan Vokasionall Kesejahteraan Keluarga ( Tata Boga ), FakuJtas Keguruan Dan llmu Pendidikan, Universitas Syiab Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Indani, M.St (2) Yuli Heirina Hamid, S.Pd, M.Si Kata kunci: karakteristik organoleptik, daya terima dan standarisasi resep Pada saat musim panen, kawista relatif banyak yang terbuang, dapat dimanfaatkan untuk pembuatan selai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik organoleptik (warna, aroma, tekstur dan rasa) pada selai buah kawista, (2) rnengetahui daya terima konsumen terhadap selai buah kawista, (3) rnenstandarisasikan resep selai buah kawista Metode yang digunakan dalarn penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Teknik pengumpuJan data yang digunakan adalah uji pengamatan (Sensory Evaluation) yang dilakukan pada 5 orang narasurnber dan uji penerimaan (Acceptability Test) yang diuji cobakan 60 orang panelis konsumen mabasiswa Tata Boga FKIP Unsyiah. Data uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dan total nilai yang diperoleh dari narasumber. Data uji penerimaan dianalisis dengan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang diperoleh dari panelis konsumen. Apabila ada pengaruh signifikan maka dilanjutkan dengan uji LSDo,05. Berdasarkan uj i pengamatan oleh. narasumber diketahui bahwa, selai buah kawista yang diterima dari segi warna dan rasa adalah perlakuan kedua (SK02) dan perlakuan ketiga (SK 03) dengan nilai rata-rata yang sarna yaitu 22,8) Sedangkan dari segi aroma yang diterima adalah perlakuan ketiga (SK03) dengan nilai rata-rata 22,7 dan dari segi tekstur yang diterima yaitu perlakuan kedua (SK02) dengan nilai rata-rata (21,0). Hasil uji penerimaan oleb konsumen diketahui bahwa selai buah kawista yang disukai adalah perlakuan ketiga (SK03) dari segi warna dengan nilai 3,2, tekstur dengan nilai 3,3 dan rasa dengan nilai 3,7. Sedangkan dari segi aroma yang diterima konsumen adalah perlakuan pertama (SKOl) dengan nilai 3)8. Kesimpulan, selai yang disukai narasumber dan segi warna dan rasa adalah perlakuan kedua dan ketiga sedangkan dari segi aroma yang diterirna adalah perlakuan ketiga dan dari segi tekstur yang diterima adalab perlakuan kedua Selai buah kawista yang disukai konsumen dan segi warna, tekstur dan rasa yaitu perlakuan ketiga, sedangkan dari segi aroma konsumen menyukai perlakuan pertama. Kepada peneliti berikutnya untuk meneliti daya simpan selai buah kawista dan uji kandungan gizi selai buah kawista,

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP CITARASA ES KRIM BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA) (Nur Manzalina. Z.A., 2019)

SKRINING FITOKIMIA DAN UJI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUAH KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA L.) DARI DAERAH KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI (Audia Anda Rini, 2016)

KAJIAN PEMBUATAN SELAI BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DAN PENDUGAAN PENURUNAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SELAMA PENYIMPANAN DENGAN METODE ARRHENIUS (Syarifah Qurrata A`yun, 2019)

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT BUAHNAGA MERAH (HYLOCEREU POLYRHIZUS) DALAM PEMBUATAN SELAI (Muhammad Rajab Bil Habli, 2019)

KAJIAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BUMBU RUJAK KAWISTA (BURAK) (Dina Mulyani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy