PEMURNIAN BIODIESEL DENGAN METODE DRY WASHING MENGGUNAKAN ADSORBEN ALAMI JERAMI PADI DAN PATI JANENG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMURNIAN BIODIESEL DENGAN METODE DRY WASHING MENGGUNAKAN ADSORBEN ALAMI JERAMI PADI DAN PATI JANENG


Pengarang

Yulidar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200230008

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister kimia Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

541.335

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang berasal dari minyak nabati setelah melalui proses kimia. Bidiesel yang di hasilkan masih perlu di murnikan. Pati janeng dan jerami padi digunakan sebagai adsorben untuk pemurnian biodiesel dengan metode dry washing. Pada metode ini, jerami padi dan pati janeng dijadikan sebagai adsorben untuk menggantikan peran air dalam menyerap kontaminan dalam biodiesel. Adsorben dikarakterisasi menggunakan SEM dan FT-IR. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa adsorben pati janeng memiliki permukaan yang berpori dan terdistribusi secara merata, serta memiliki gugus-gugus organik yang sesuai. Biodiesel hasil pemurnian memilki nilai asam lemak bebas, kadar alkali dan kekeruhan yang lebih rendah setelah proses pemurnian. Hasil pemurnian dengan adsorben pati janenglebih baik dibandingkan dengan biodiesel hasil jerami padi. Secara keseluruhan, hasil pemurnian menunjukkan bahwa kualitas biodiesel yang dihasilkan sesuai dengan standar SNI.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK